Yayasan Grojogan Sewu Kampanyekan Gerakan Menanam 1000 Pohon

Yayasan Grojogan Sewu Kampanyekan Gerakan Menanam 1000 Pohon

Yayasan Grojogan Sewu menggelar kegiatan bertema “Menanam 1000 Pohon dan Pengkayaan Tanaman XI” pada tanggal 15-16 Januari lalu, @Istimewa


SUARANASIONAL.ID - Tiap tanggal 10 Januari, diperingati sebagai Hari Lingkungan Hidup Indonesia. Sudahkah Anda mencintai lingkungan dan turut menjaganya? Berbagai kebijakan dilakukan oleh pemerintah terkait demi lingkungan yang lebih baik. Komitmen untuk menyelesaikan masalah lingkungan telah ditunjukan juga oleh berbagai kalangan. Salah satunya Yayasan Grojogan Sewu di Genengsari, kelurahan Pecalukan, kecamatan Prigen, Kab. Pasuruan.

Yayasan Grojogan Sewu yang sudah berusia 11 tahun kini dikelola oleh generasi kedua yang mayoritas anak-anak muda. Dalam perjalanannya, mereka tetap konsisten merawat dan melestarikan lingkungan hidup. Nah, tanggal 15-16 Januari lalu, mereka menggelar kegiatan bertema “Menanam 1000 Pohon dan Pengkayaan Tanaman XI”.

Ketua pelaksana Khozin mengatakan, saat ini kondisi hutan gunung Arjuno dan Welirang masih terdapat area gundul dan lahan-lahan kritis yang diakibatkan oleh perambahan, pemanfaatan oleh orang-orang yang mengambil keuntungan sesaat dan kebakaran hutan.

“Hal ini mengakibatkan terjadinya perubahan fungsi hutan, dan berkurangnya sumber mata air,” kata Khozin di Pecalukan, Prigen, Kab. Pasuruan, Sabtu (19/01/2019).

Khozin menambahkan, dalam menjalankan program penghijauan dan pengkayaan tanaman, Yayasan Grojogan Sewu membuka diri untuk bersinergi dengan stakeholders manapun. Kegiatan tersebut, lanjutnya, dilakukan setiap 3 bulan sekali dengan harapan dapat tercapai semboyan “Hijau Alamku,  Hijau Hutanku, Damailah Desaku, JayalahNegeriku, Jayalah Indonesiaku”.

“Maka, secara konsisten dan berkelanjutan melaksanakan gerakan menanam 1000 pohon, perawatan dan pembibitan secara rutin dengan tujuan agar daerah kami tidak mengalami bencana alam, tersedianya sumber mata air, dan mengurangi pemanasan global yang berkepanjangan serta perubahan iklim dunia menjadi teratur,” ungkapnya.

Kegiatan yang rutin digelar oleh Yayasan Grojogan Sewu ini diikuti oleh 900 peserta dari berbagai pemangku kepentingan. *

liputan6.com, detik.com, yahoo.com, twitter.com, facebook.com, berita terkini, viral, video terbaru, ratna sarumpaet , politik, 2018, pilpres, jokowi maruf, prabowo sandi