Survei IPB: Elektabilitas Prabowo Meroket ke 48,8 %, Jokowi Turun ke 41,8 %

Survei IPB: Elektabilitas Prabowo Meroket ke 48,8 %, Jokowi Turun ke 41,8 %


SUARANASIONAL.ID - Institut Pertanian Bogor (IPB) telah mengeluarkan hasil survei terbaru mengenai tingkat elektabilitas pasangan Capres-Cawapres di Pilpres 2019.

Berdasarkan survei yang dilakukan mulai 19 April hingga 9 April 2019, dengan responden sebanyak 816 , elektabilitas Prabowo Subianto-Sandiaga S Uno berhasil mengunguli Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

"Elektabilitas tertinggi pasangan calon presiden dan wakil presiden diraih oleh pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno 48,8%. Sedangkan elektabilitas pasangan Joko Widodo – Ma’ruf Amin sebesar 41,8%," terang rilis yang diterima redaksi suaranasional.id, Jum'at (12/04).

Sementara masih ada 9,4% pemilih yang belum menentukan pilihan(Undecided Voters).

Jono M Munandar, Ketua Tim Peneliti Survei ini, menerangkan bahwa Trend perubahan elektabilitas, jika dibandingkan hasil survei Juni 2018 dengan survei sekarang, elektabilitas Prabowo meningkat drastis sedangkan Jokowi menurun.

"Elektabilitas Prabowo Subianto mengalami kenaikan signifikan dari sebelumnya 37,4% menjadi 48,8% (naik 11,4%). Sedangkan elektabilitas Joko Widodo mengalami penurunan dari 48,2% menjadi 41,8% (turun 6,4%)," tuturnya.

Mengenai karakteristik kandidat Presiden Joko Widodo, lanjut Dosen Pemasaran Ilmu Manajemen tersebut, yang dominan adalah Jujur dan amanah (85,0%), dan Merakyat, peduli dan sederhana (80,9%).

Sedangkan karakteristik kandidat Presiden Prabowo Subianto yang dominan adalah Tegas dan konsisten (91,7%), BerwawasanGlobal (82,2%), dan Cerdas (81,9%).

"Perihal yang paling disukai terhadap pasangan calon Joko Widodo – Ma’ruf Amin yang tertinggi adalah sederhana (27,8%) dan merakyat (22,3%). Sedangkan perihal yang paling disukai terhadap pasangan calon Prabowo Subianto – Sandiaga Uno adalah tegas (44,2%), dan berwibawa(13,6%)," tegasnya.

Populasi survei ini adalah warga negara Indonesia yang telah mempunyai hak pilih, yakni berusia 17 tahun ke atas atau yang sudah menikah ketika dilakukan survei ini.

Sampel berasal dari 34 Provinsi yang terdistribusi secara proporsional berdasarkan besaran jumlah pemilih (DPT).

Pengambilan sampel menggunakan metode Quota Sampling dengan toleransi kesalahan(margin of error) sebesar ± 3,43% pada tingkat kepercayaan 95%.

liputan6.com, detik.com, yahoo.com, twitter.com, facebook.com, berita terkini, viral, video terbaru, ratna sarumpaet , politik, 2018, pilpres, jokowi maruf, prabowo sandi