Sosok Mbah Gimbal, Tokoh Pertanian dari Timur Indonesia

Sosok Mbah Gimbal, Tokoh Pertanian dari Timur Indonesia

Kadis Lingkungan Hidup Kota Sorong dan Mbah Gimbal


SUARANASIONAL.ID - Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Sorong Provinsi Papua Barat merasa bangga atas capaiaan dan prestasi mbah Gimbal sapaan akrabnya, yang berhasil membangun sektor pertanian dan peternakan yang telah menghasilkan berbagai macam prodak unggulan didaerah tersebut.

Dilansir melalui halaman facebook milik Julian Kelly (Kadis Lingkungan Hidup) mengucapkan rasa terima kasih atas wejangan yang diberikan oleh mbah Gimbal untuk ikut serta menghijaukan daratan papua agar menjadi kawasan hijau berkelanjutan.

"Terima kasih Mbah Gimbal. Sore ini pace lingkungan mendapat banyak sekali informasi, gagasan, ide dan sekaligus mengajar pace lingkungan bagaimana caranya membuat magot dari sampah organik. Sisa magot langsung menjadi pupuk kompos," kata Pace lingkungan Kota Sorong seperti dilansir dalam laman facebooknya, (11/8/2019).

Mbah Gimbal juga banyak berbagi tentang pentingnya pengelolaan Vanili yang harganya cukup fantastis dipasaran.

"Pace juga diberitahu untuk budidayakan tanaman vanili karena tanaman ini adalah emas hijaunya Papua. Satu kilo vanili sekarang harganya Rp. 5 juta,"ungkapnya.

Lanjut Pace, ia akan menjadikan Mbah Gimbal sebagai instruktur di Kota Sorong untuk melakukan pendampingan dan pelatihan membuat sampah organik menjadi magot. Magot ini menjadi makanan ikan, ayam dan semua unggas lainnya. 

"Banyak ilmu yang diajarkan oleh Mbah Gimbal kepada Pace Lingkungan. Jangan menganggap remeh orang gimbal dan orang sederhana karena mungkin mereka punya ilmu yang tidak dimiliki oleh kita," tukasnya.

KGPI Rencana Gelar Deklarasi Tito-BG

SUARANASIONAL.ID - Konsorsium Gerakan Pemuda Indonesia (KGPI) menyatakan akan menggelar deklarasi dukungan kepada...

liputan6.com, detik.com, yahoo.com, twitter.com, facebook.com, berita terkini, viral, video terbaru, ratna sarumpaet , politik, 2018, pilpres, jokowi maruf, prabowo sandi