Pimpinan Pusat Cipayung Plus Desak Usut Pelaku Di Balik Insiden Terbakarnya 3 Polisi

Pimpinan Pusat Cipayung Plus Desak Usut Pelaku Di Balik Insiden Terbakarnya 3 Polisi


SUARANASIONAL.ID – Ketua Umum Pusat yang tergabung dalam Forum Cipayung Plus Nasional yakni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI), Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) dan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) meminta pihak kepolisian segera mengusut pelaku penyiraman bensin yang menyebabkan 3 polisi terbakar.

Hal itu disampaikan lewat pernyataan sikap secara terbuka oleh masing-masing petinggi organisasi kemahasiswaan (Omek) yang bernaung di bawah wadah Forum Cipayung Plus Nasional yang terdiri dari Ketua Umum DPP GMNI (Robaytullah Kusuma Jaya), Ketua Umum PB HMI (Respiratori Saddam Al Jihad), Ketua Umum PB PMII (Agus M. Herlambang), dan Ketua Umum DPP IMM (Najih Prasetyo).

Pernyataan terbuka itu disampaikan pasca diadakannya pertemuan di antara keempat Omek merespon cepat kejadian tersebut.

Hasil pertemuan itu menghasilkan sebuah kesepakatan yang kemudian dituangkan dalam bentuk penyataan sikap bersama yakni:

Pertama, Forum Cipayung Plus Nasional menyampaikan permohonan maaf kepada 3 korban terbakar dari pihak Polri akibat pembakaran sekaligus penyiraman bensin saat berlangsungnya aksi demonstrasi yang dilakukan kelompok Cipayung Cianjur tersebut.

Kedua, mendorong aparat kepolisian untuk segara mengusut aktor pelempar bensin dalam rangka mendukung upaya penegakan hukum secara terbuka dan adil.

Ketiga, mengimbau agar insiden tersebut tidak perlu terjadi lagi dalam hal menyampaikan pendapat di ruang publik oleh siapapun, apalagi menimbulkan luka bakar bagi pihak Polri.

Keempat, Forum Cipayung Plus Nasional akan mengunjungi korban di rumah sakit dan Polres Cianjur untuk mendiskusikan dan mencari jalan tengah dalam peristiwa tersebut, sehingga persoalan ini segera selesai.

Diketahui, insiden yang menyebabkan 3 orang polisi terbakar itu bermula saat aksi demonstrasi yang mengatasnamakan Forum Cipayung Plus Kabupaten Cianjur yang dilaksakan pada Kamis (15/8/2019) di depan kantor DPRD Cianjur.

Siasat Meruntuhkan KPK

SUARANASIONAL.ID-Komisi Pemberantasan Korupsi merupakan lembaga progresif dalam bidang hukum pasca-reformasi. Di...

liputan6.com, detik.com, yahoo.com, twitter.com, facebook.com, berita terkini, viral, video terbaru, ratna sarumpaet , politik, 2018, pilpres, jokowi maruf, prabowo sandi