Peneliti: NU Tidak 100% ke Jokowi-Makruf

Peneliti: NU Tidak 100% ke Jokowi-Makruf

Peneliti Senior Bidang Politik LIPI Syamsuddin Haris. @Istimewa


SUARANASIONAL.ID - Peneliti Senior Bidang Politik LIPI Syamsuddin Haris mengomentari hasil survei nasional Konsepindo yang menyebutkan dukungan suara Nahdliyin ternyata tidak 100 persen ke pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin.

Temuan tersebut menimbulkan kesan janggal, mengingat cawapres Ma'ruf Amin adalah mantan pemimpi tertinggi dari ormas Islam tersebut.

“Mengejutkan bagi saya yaitu preferensi pilihan publik mengaku NU yang diasumsi mendominasi ke Jokowi-Ma'ruf ternyata tak demikian,” ungkap Haris saat menjadi pembicara rilis suvei nasional Konsepindo di Hotel Millenium, Jakarta, dilansir Liputan6, Rabu (13/3).

Dari hasil survei nasional Konsepindo kategori basis pemilih muslim, sebanyak 52,2 persen responden menjatuhkan pilihannya ke Jokowi-Ma'ruf. Sementara 38,8 persen menyatakan dukungannya ke paslon nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga dan 9,0 persen responden belum menjawab atau undecided voters.

“Dengan ini masih ada peluang Badan Pemenangan Nasional (BPN) untuk mencari simpati kalangan Nadhliyin supaya dukungan ke Prabowo-Sandi bisa meningkat khususnya di Jawa karena konsentrasi Nahdliyin kan di Jawa,” ungkapnya.

Pemilih dari kalangan Muhammadiyah juga menunjukkan tren yang sama. Sebanyak 46,2 persen responden dari Muhammadiyah menjatuhkan pilihan ke Jokowi-Ma'ruf, sedangkan 31,3 persen bermuara ke Prabowo-Sandi. Lalu 22,5 persen menyatakan belum memilih.

liputan6.com, detik.com, yahoo.com, twitter.com, facebook.com, berita terkini, viral, video terbaru, ratna sarumpaet , politik, 2018, pilpres, jokowi maruf, prabowo sandi