Pemerintah Klaim Telah Mengantongi Luas Lahan 180 Ribu Hektare untuk Lokasi Ibu Kota Baru

Pemerintah Klaim Telah Mengantongi Luas Lahan 180 Ribu Hektare untuk Lokasi Ibu Kota Baru


SUARANASIONAL.ID - Presiden Joko Widodo mengatakan saat ini pemerintah sudah memiliki luas lahan sekitar 180 hektar untuk pemindahan ibu kota negara Republik Indonesia baru. Area tersebut berada di  sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara.

"Lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian Kutai Kartanegara karena sudah punya infrastruktur yang relatif lengkap dan pemerintah punya lahan seluas 180 ribu hektare," kata Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8).

Menurut Jokowi, lokasi pemindahan ibu kota RI yang baru ini diprediksi aman dari berbagai risikio bencana alam.

Selain itu, Lokasi ibu kota yang baru juga dinilai strategis karena berada di tengah Indonesia dan berdekatan dengan wilayah perkotaan yang sudah berkembang.

Acara pengumuman lokasi ibu kota negara yang baru antara lain dihadiri oleh Menteri Perencanaan dan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro, Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil, Menteri Sekretariat Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, serta Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan juga hadir dalam acara tersebut.

Siasat Meruntuhkan KPK

SUARANASIONAL.ID-Komisi Pemberantasan Korupsi merupakan lembaga progresif dalam bidang hukum pasca-reformasi. Di...

liputan6.com, detik.com, yahoo.com, twitter.com, facebook.com, berita terkini, viral, video terbaru, ratna sarumpaet , politik, 2018, pilpres, jokowi maruf, prabowo sandi