Para Siswa SMA Negeri 10 Malang Canangkan Community Service

Para Siswa SMA Negeri 10 Malang Canangkan Community Service

Pelajar SMAN 10 Malang menyambangi destinasi wisata religi di Kampung Gribig Religi (KGR), kelurahan Madyopuro, kecamatan Kedungkandang, Kota Malang.@Istimewa


SUARANASIONAL.ID - Sebagai makhluk sosial, manusia saling membutuhkan bantuan satu sama lain. Kesosialan mempunyai sifat kemasyarakatan, sifat suka menolong, saling membantu dan lainnya. Sikap atau sifat kesadaran sosial sangat penting dalam kehidupan di masyarakat.

Dasar itulah yang menjadi gagasan kreatif adik-adik pelajar SMAN 10 Malang membuat komitmen bersama. Seperti apa komitmennya? Iya, akhir pekan lalu, adik-adik menyambangi destinasi wisata religi di Kampung Gribig Religi (KGR), kelurahan Madyopuro, kecamatan Kedungkandang, Kota Malang.

Di kompleks Cagar Budaya pesarean Ki Ageng Gribig itu, mereka secara simbolis menyerahkan alat kebersihan, sapu taman dan satu pack air mineral kepada ketua kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Ki Ageng Gribig Religi,  Agus Ahmad Syaichu.

Menurut Agus, pemberian itu tidak dilihat secara materi. Namun, filosofinya itu yang mahal. Bagi Agus, adik-adik SMAN 10 ini bisa menjadi inspirator bagi adik-adik di Sekolah Menengah Atas lain di Malang Raya untuk berbuat kebaikan, yaitu melestarikan cagar budaya.

“Adik-adik ini memulai menguri-uri leluhur melalui program community service. Sebuah kegiatan yang bermanfaat bagi masyarakat,” kata Agus.

Sala satu perwakilan siswa SMAN 10 Kota Malang menyatakan komitmennya menjalin kerjasama dengan Pokdarwis KGR selama 1 tahun. Dengan kegiatan seperti yang selama ini sudah mereka lakukan. Bahkan, jika Pokdarwis KGR punya gawe (event) siap dilibatkan.

“Insyaallah kami akan membantu keberlangsungan kegiatan Pokdarwis KGR ke depannya,” katanya.

Di akhir acara, Agus mengajak adik-adik agar menjadi generasi penerus bangsa dan agamanya, agar tidak tercerabut dari akar budaya leluhurnya. *

Siasat Meruntuhkan KPK

SUARANASIONAL.ID-Komisi Pemberantasan Korupsi merupakan lembaga progresif dalam bidang hukum pasca-reformasi. Di...

liputan6.com, detik.com, yahoo.com, twitter.com, facebook.com, berita terkini, viral, video terbaru, ratna sarumpaet , politik, 2018, pilpres, jokowi maruf, prabowo sandi