Menhan: Persiapan Dini Sistem Pertahanan Dibutuhkan Meski Masa Damai

Menhan: Persiapan Dini Sistem Pertahanan Dibutuhkan Meski Masa Damai


SUARANASIONAL.ID - Menteri Pertahanan RI Ryamizard Ryacudu mengatakan penyiapan sistem pertahanan secara dini tetap dibutuhkan meski negara berada dalam masa damai.

"Persiapan (sistem pertahanan secara dini, -'red') pada masa damai, agar siap dioperasionalkan sewaktu-waktu pada masa perang atau situasi kontingensi," tutur Ryamizard dalam membuka kegiatan simposium penataan wilayah pertahanan dalam rangka mewujudkan pertahanan negara yang tangguh, di Jakarta, Selasa (9/07).

Penyiapan itu kata dia, membuat bangsa lebih siap menghadapi berbagai ancaman keamanan dengan cara dan metode penanganan yang tepat.

"Artinya apapun ancamannya maka sishankamrata solusinya, tinggal disesuaikan dengan eskalasinya yang melibatkan komponen utama, cadangan dan pendukung secara total," kata dia.

Sekarang ini, kata Menhan terdapat tiga dimensi ancaman keamanan bangsa yang perlu diwaspadai, dimensi pertama yaitu ancaman belum nyata atau perang antar negara.

Selanjutnya, acaman nyata, diantaranya yakni aksi teror, narkoba, perang siber, dan kebencanaan. Dimensi ancaman ketiga yakni perang ideologi yang membahayakan serta merusak "mindset" bangsa.

"Ancaman mindset ini berbahaya secara terstruktur, sistematis, dan masif untuk mempengaruhi masyarakat," ujarnya. Demikian, dilansir Antaranews.

KGPI Rencana Gelar Deklarasi Tito-BG

SUARANASIONAL.ID - Konsorsium Gerakan Pemuda Indonesia (KGPI) menyatakan akan menggelar deklarasi dukungan kepada...

liputan6.com, detik.com, yahoo.com, twitter.com, facebook.com, berita terkini, viral, video terbaru, ratna sarumpaet , politik, 2018, pilpres, jokowi maruf, prabowo sandi