Menanti Kemajuan Daerah Pinggiran di Provinsi Gorontalo

Menanti Kemajuan Daerah Pinggiran di Provinsi Gorontalo


SUARANASIONAL.ID - Kabupaten Gorontalo Utara, dengan luas wilayah mencapai 1.777,022 kilo meter persegi, merupakan salah satu daerah pinggiran di Provinsi Gorontalo.

Wilayah dataran rendah dengan ketinggian rata-rata 15,2 meter di atas permukaan laut itu, memiliki 11 kecamatan membentang dari timur ke barat.

Bupati Indra Yasin bahkan menyebut wilayah yang ia pimpin itu, sebagai teras depan utara Provinsi Gorontalo, di wilayah Indonesia Timur, yang sangat potensial berkembang sebagai daerah pinggiran paling maju.

"Gorontalo Utara yang wilayah lautnya berbatasan dengan Laut Sulawesi, juga berhadapan dengan beberapa negara Asia di antaranya Filipina, dikenal juga memiliki akses transportasi terbuka di wilayah darat sebagai perlintasan Sulawesi," tuturnya, Selasa (1/07).

Bagian timur, lanjut Bupatu, berbatasan dengan Provinsi Sulawesi Utara, bagian selatan berbatasan dengan Kabupaten Pohuwato, Boalemo, Kabupaten Gorontalo dan Bone Bolango, serta bagian barat berbatasa dengan Provinsi Sulawesi Tengah.

Bahkan dari bandar udara Djalaludin, Isimu Kabupaten Gorontalo, jarak tempuh menggunakan transportasi darat hanya berkisar 20-30 menit.

Banyak harapan digantungkan pada Pemerintah Pusat di bawah kepemimpinan Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin, agar Gorontalo Utara sebagai salah satu daerah pinggiran akan memesona sebagai teras depan utara Provinsi Gorontalo, di wilayah Indonesia Timur.

"Ditunjang dengan infrastruktur pelabuhan yang dimiliki, yaitu Pelabuhan Anggrek dan Pelabuhan Nusantara Kwandang, serta Pelabuhan Pendaratan Ikan Gentuma, diyakini Gorontalo Utara mampu berkembang signifikan dengan perhatian yang terfokus dari pemerintah pusat, mengingat anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) kabupaten ini, belum mencapai Rp1 triliun," lukasnya.

Artinya, kata Bupati, dukungan melalui kucuran anggaran yang lebih banyak lagi sangat diharapkan mengalir ke daerah itu, untuk mendorong kemajuan infrastruktur yang akan berdampak pada peningkatan kegiatan makro ekonomi.

"Saya optimistis, harapan mewujudkan daerah ini semakin maju, akan semakin terwujud di periode ke dua Presiden Joko Widodo," ujar Bupati yang juga telah menjabat untuk periode ke dua di daerah itu. Demikian, dilansir di Antaranews.

KGPI Rencana Gelar Deklarasi Tito-BG

SUARANASIONAL.ID - Konsorsium Gerakan Pemuda Indonesia (KGPI) menyatakan akan menggelar deklarasi dukungan kepada...

liputan6.com, detik.com, yahoo.com, twitter.com, facebook.com, berita terkini, viral, video terbaru, ratna sarumpaet , politik, 2018, pilpres, jokowi maruf, prabowo sandi