Laode Ida: Pengelolaan Tambang Indonesia Timur Gagal Sejahterakan Warga Lokal

Laode Ida: Pengelolaan Tambang Indonesia Timur Gagal Sejahterakan Warga Lokal


SUARANASIONAL.ID - Komisioner Ombudsman Republik Indonesia, Laode Ida, menilai tata kelola pertambangan khususnya di wilayah Indonesia Timur masih menyisakan persoalan besar. Pasalnya, banyak kekayaan alam dikuras habis namun tidak mengangkat kesejahteraan masyarakat setempat.

"Harus kita akui bahwa sumber daya alam, khususnya di bidang pertambangan di kawasan timur Indonesia sangat melimpah, sayangnya dalam pengelolaannya justru tidak membawa dampak positif terhadap warga lokal," kata Laode kepada wartawan suaranasional.id, dalam diskusi santai yang berlangsung di Quantum Bistro, Jakarta, Sabtu (17/8).

Menurut Laode, sumbu dari masalah ini berpangkal pada kebijakan pusat yang tidak fair.

Dia mengatakan, terdapat problem regulasi yang cukup serius di level institusi maupun pada sisi hirarki perundang-undangannnya.

"Jadi ada banyak benturan dalam setiap level kebijakan antara pemerintah pusat dan daerah dalam hal kewenangan mengelola potensi alam yang ada," jelas Laode.

Laode mengaku, sektor pertambangan merupakan salah satu isu paling seksi yang nyaris menjadi incaran setiap orang.

Hal ini pula yang membuat isu pertambangan berikut tata kelolanya sarat kepentingan pebisnis dan penguasa.

Laode pun menyinggung beberapa daerah di kawasan timur yang cukup kaya kekayaan tambangnya seperti Papua, Maluku, Maluku Utara, dan Sulawesi yang dalam pengelolaanya sama sekali tidak mampu mengangkat kesejahteraan masyarakat.

Lebih lanjut, kata dia, pemerintah sejauh ini masih berada dalam relasi kuasa bisnis politik yang turut melemahkan kedaulatan bangsa.

Kondisi ini pula membuatnya berkesimpulan bahwa selama ini praktik kekuasaan belum sepenuhnya dikatakan telah merdeka.

"Jadi kalau kita bicara kekuasaan di Indonesia ini sebetulnya kita tidak merdeka," tutup Laode.

Siasat Meruntuhkan KPK

SUARANASIONAL.ID-Komisi Pemberantasan Korupsi merupakan lembaga progresif dalam bidang hukum pasca-reformasi. Di...

liputan6.com, detik.com, yahoo.com, twitter.com, facebook.com, berita terkini, viral, video terbaru, ratna sarumpaet , politik, 2018, pilpres, jokowi maruf, prabowo sandi