Ini Hasil Dialog Akademik antara FISIP UMM Gelar dan COLA?

Ini Hasil Dialog Akademik antara FISIP UMM Gelar dan COLA?

Dr. Rinikso Kartono (Dekan FISIP UMM) saat memberikan sambutan dalam Dialog Akademik bersama College of Local Adiminstration (COLA), Khon Kaen University (KKU), Thailand.Photo:Iradat



SUARANASIONAL.ID - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UMM Malang bersama Program Studi Ilmu Pemerintahan melakukan dialog akademik dengan College of Local Adiminstration (COLA), Khon Kaen University (KKU), Thailand (Rabu,20/03/2019).

Beberapa hal yang dibahas yakni rencana pengembangan kerjasama kedepanya dalam hal kolaborasi riset, exchange lecture (visiting professor) dan international conference.

Dialog ini dihadiri oleh Asst. Prof. Dr. Vissanu Zumitzavan dan Dr. Narong Kiettikunwong sebagai perwakilan COLA (KKU), dan jajaran Dekanat FISIP UMM, diantaranya: Dr. Rinikso Kartono, M.Si (Dekan), Dr. Dyah Estu, M.Si (Wakil Dekan I) dan Zen Amiruddin S.Sos, Med.Com (Wakil Dekan III), Muhammad Kamil S.IP., MA (Ketua Prodi Ilmu Pemerintahan), Toni Dian Efendi (Kepala Lembaga Kerjasama Internasional) dan beberap dosen IP UMM.

Rinikso Kartono selaku dekan memberikan apresiasi yang sebesar-besarnya atas kerjasma yang telah berlangsung selama kurang lebih satu tahun ini.

“FISIP UMM sangat terbuka dan mendukung sepenuhnya program-program seperti ini untuk terus dilakukan dan diperluas dengan institusi kampus-kampus yang lain,” tuturnya.

Kerjasama akademik yang selama ini telah terjalin erat antara kedua belah pihak, Rinikso menegaskan agar perlu terus disempurnakan dan dikembangkan seperti program-program yang mendukung peningkatan kemampuan pengajar.

“Pertukaran mahasiswa (Study Exchange) kedepanya perlu diwujudkan dalam program transfer kredit. Lebih dari itu model-model kerjasama lain seperti kolaborasi riset juga perlu dilakukan agar kerjasama makin mendukung pengembangan kapasitas dosen,” tandasnya.

Hal serupa juga disampaikan oleh Zen Amirudin yang melihat bahwa kerjasama yang telah berlangsung selama ini sudah baik tinggal dikembangkan saja. Upaya exchange lecture, lanjut Zan, yang perlu terus diperbanyak untuk memberikan jam terbang dan pengalaman berharga bertaraf internasional kepada masing-masing dosen.

Selain itu, Muhammad Kamil menjelaskan pada dasarnya Prodi IP UMM siap untuk terus melanjutkan kerjasama ini. Saat ini kerjasama berlangsung baru sebatas Study Exchane dan Guest Lecture (Visiting Proffesor).

“Kedepanya  sedang diusahakan agar program ini dapat dikonversi menjadi transfer kredit. Melengkapi yang disampaikan oleh Rinikso Kartono dan Zen Amiruddin, kerjasma antar keduanya perlu diwujudkan juga dalam International Conference,” bebernya.

Harapan dari pihak FISIP UMM ini ditanggapi positif oleh COLA (KKU) Thailand. Diawal penyampaianya, Vissanu Zumitzawan terlebih dahulu mengucapkan apresiasi sebesar-besarnya pada program kerjasama yang telah dilaksanakan selama ini, khususnya kesedian IP UMM untuk mendampingi dan membina mahasiswa asal COLA (KKU) Thailand yang saat ini sedang melakukan Study Eschange selama 4 bulan di IP UMM.

Selanjutnya, Narong Kiettikunwong menjelaskan bahwa kerjasama selama ini yang hanya sebatas Study Exchange dan Guest Lecture (Visiting Proffesor) memang perlu diperluas.

“Usulan mengenai kolaborasi riset dan konferensi internasional disambut dengan baik oleh pihak COLA (KKU) Thailand. Agar segera terwujud perlu segera dibuatkan Memorandum of Understanding (MoU) antar kedua belah pihak agar kerjasama ini segera berjalan,” pungkasnya.

liputan6.com, detik.com, yahoo.com, twitter.com, facebook.com, berita terkini, viral, video terbaru, ratna sarumpaet , politik, 2018, pilpres, jokowi maruf, prabowo sandi