HILMI Terus Bergerak Salurkan Bantuan Korban Gempa Bumi

HILMI Terus Bergerak Salurkan Bantuan Korban Gempa Bumi


SUARANASIONAL.ID – Lembaga sukarelawan Hilal Merah Indonesia (HILMI-FPI) terus bergerak memberikan bantuan kepada warga korban gempa bumi. Titik terakhir yang menjadi fokus penyaluran bantuan yakni di Halmahera Selatan (Halsel) yang belum lama ini terkena gempa bumi berkekuatan 7.2 SR, Minggu (14/7/2019).

Ketua Umum HILMI-FPI Al Habib Ali Al Hamid menuturkan saat ini HILMI tengah fokus menyalurkan bantuan kepada warga Halsel yang menjadi korban gempa bumi.

“DPP HILMI-FPI akan segera mengirimkan bantuan untuk saudara-saudari kita, berupa selimut, terpal, obat-obatan serta lain-lainnya, guna meringkan beban mereka,” kata Habib Ali kepada wartawan, Sabtu (20/7/2019).

Menurut Habib Ali, organisasi sayap di bawah naungan Front Pembela Islam (FPI) itu akan terus konsisten memberikan bantuan kemanusiaan kepada warga korban bencana.

“Memberikan bantuan kemanusiaan sudah menjadi komitmen kami sejak awal organisasi ini berdiri. Jadi, setiap ada bencana kami selalu hadir untuk memberikan bantuan apapun yang bisa kami berikan,” ungkapnya.

Habib Ali menjelaskan, kegiatan kemanusiaan itu dilakukan tanpa memandang latar belakang seseorang atau kelompok.

“Semuanya kami perlakukan sama, mau dia Muslim, Nasrani, Konguchu, etnis ini, itu, dan sebagainya, tidak ada yang berbeda dalam perlakuan kami,” jelasnya.

Organisasi yang berkantor di Kalibata, Jakarta Selatan  ini, pertama kali dibentuk saat terjadi Tsunami di Nanggroe Aceh Darusslam pada 2004 silam.

Menurut penuturan Habib Ali, ketika terjadi Tsunami di Aceh, FPI sebagai salah satu lembaga yang turut menegakkan keadilan sosial berinisiatif membangun sebuah organ (sayap) yang khusus bergerak di bidang bantuan sosial dan kemanusiaan.

“Ketika itu tsunami Aceh, butuh tenaga banyak, puluhan ribu jenazah, evakuasi mayit, nah disitulah Habib menggerakan seluruh anggota FPI. Dari situlah semangat menggalang gerakan kemanusiaan hadir dan terus berlanjut sampai sekarang,” cetus Habib Ali.

Habib Ali mengatakan, pasca Tsunami Aceh, HILMI terus menggalang dukungan dan bantuan warga yang bersedia berpartisipasi dalam memberikan bantuan sosial.

HILMI sendiri dalam sejarahnya telah terlibat dalam memberikan bantuan kemanusiaan pada korban bencana di Bitung sebelum 2008, kemudian bencana gempa di Jawa Barat dan di Padang.

“Untuk gempa di Palu 2018 kita punya program untuk nelayan, rumah huni, dan membantu mengirimkan ratusan ton sembako mulai dari Makassar, Mamuju, Poso dibawa ke Palu yang dikawal ketat oleh TNI dan Polri,” ucap Habib Ali.

“Kita juga mengadakan program pengadaan perahu sekitar 13 perahu untuk nelayan,” tambahnya.

Dalam rangka memberikan bantuan sosial, Habib Ali mengaku HILMI jarang menerima bantuan donasi dari pemerintah maupun korporasi tertentu.

Sebagian besar dana yang dikumpulkan merupakan kontribusi sukarela dari anggota HILMI itu sendiri serta bantuan dari masyarakat.

“Yang kami andalkan adalah tenaga. Biasanya kami menerima bantuan dana sukarela baik dari masyarakat dan anggota kami sendiri. Ada juga orang yang suka bantu, tapi jarang ada perusahaan besar yang mau bantu. Jadi begitu ada yang ngirim sejuta, 500. Terus kalau ada tabligh akbar duit terkumpul, saya biasanya dapat duit seribuan, dua ribuan. Jadi uang-uang itulah yang kita terima,” tukas dia.

Meski jarang menerima bantuan dari pemerintah maupun lembaga swasta, Habib Ali mengaku tidak menutup diri untuk membuka kerja sama dengan pihak manapun.

HILMI sendiri prinsipnya bisa bekerja sama dengan siapapun baik itu pemerintah maupun siapa saja. Selama itu buat kebaikan dan terutama untuk meringkankan kita,” tandasnya.

Dia mengatakan, cita-cita HILMI adalah membuat orang senyum dari yang tadinya menangis.

“Harapan saya dengan kita berbuat ini bisa mengimbangi penderitaan yang saat ini dirasakan masyarakat baik itu akibat bencana maupun ketidakadilan ekonomi,” ujarnya.

Habib Ali pun berpesan agar kita selalu bebruat baik pada orang lain, sekecil apapun kebaikan itu.

“Sebaik-baik kalian adalah yang bermanfaat bagi orang lain. Berbuatlah baik pada orang lain. Sesungguhnya kebaikan yang kamu perbuat akan kembali pada diri kita,” katanya dalam mengutip sebuah potongan ayat dalam Al-Qur’an. 

Pepesan Kosong Kabinet Jokowi-Makruf

SUARANASIONAL.ID - Menyimak penjelasan Presiden Jokowi kepada para pimpinan media soal komposisi kabinet, hampir...

liputan6.com, detik.com, yahoo.com, twitter.com, facebook.com, berita terkini, viral, video terbaru, ratna sarumpaet , politik, 2018, pilpres, jokowi maruf, prabowo sandi