Depresiasi Mata Uang Asia Melemahkan Rupiah

Depresiasi Mata Uang Asia Melemahkan Rupiah

@Istimewa


SUARANASIONAL.ID -  Samuel Aset Manajemen Lana Soelistiangningsih menjelaskan terkait faktor penyebab pelemahan nilai rupiah terhadap dolar, selasa 18/09). Menurutnya, dolar Hongkong dan dolar Singapura yang kuat telah melemah dan secara otomatis berdampak pada nilai rupiah terhadap dolar.

"Mata uang kuat Asia seperti dolar Hongkong dan dolar Singapura yang melemah terhadap dolar AS menjadi sentimen pelemahan rupiah." kata Samuel.

Pergerakan nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta pada Selasa pagi bergerak melemah sebesar 18 poin menjadi Rp. 14.889 dibandingkan posisi sebelumnya Rp. 14.871 per dolar AS.

Dilain sisi, faktor eksternal, Lana mengemukakan penerapan tarif impor Amerika Serikat untuk tahap kedua membuat Pemerintah Tiongkok mengancam untuk menarik diri dari pembicaraan perdagangan penyelesaian tarif tahap pertama yang sedang berlangsung.

"Ancaman pengenaan tarif impor untuk Tiongkok masih menjadi faktor ketidakpastian global yang menjadi sentimen negatif pasar," ucarnya.

Lanjut dia, neraca perdagangan pada Agustus 2018, yang defisit 1,02 miliar dolar AS turut mendukung fundamental rupiah menurun. Badan Pusat Statistik mencatat neraca perdagangan Indoensia pada Agustus mengalami defisit sebesar 1,02 miliar dolar AS, yang lebih rendah dibandinghkan Juli 2018  sebesar 2,01 miliar dolar AS.

Mind Game, Permainan Berbahaya KPU

SUARANASIONAL.ID - Benarkah Komisi Pemilihan Umum (KPU) sedang menjalankan mind games, permainan pikiran? Mereka...

liputan6.com, detik.com, yahoo.com, twitter.com, facebook.com, berita terkini, viral, video terbaru, ratna sarumpaet , politik, 2018, pilpres, jokowi maruf, prabowo sandi