Tpz6TpCiGfz9BSd6BUMlGUA5Gd==

Oppo Luncurkan ColorOS 15 dengan Desain Baru dan Fokus pada Fitur AI

Oppo Luncurkan ColorOS 15 dengan Desain Baru dan Fokus pada Fitur AI
ColorOS 15

SUARANASIONAL.ID - Perusahaan teknologi Oppo telah resmi meluncurkan ColorOS 15, yang merupakan sistem operasi terbaru berbasis Android 15.

Peluncuran ini membawa tampilan segar dan penekanan pada pemanfaatan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI).

Berdasarkan laporan dari GSM Arena pada Kamis (17/10/2024), ColorOS 15 memperkenalkan sejumlah pembaruan desain yang mencakup ikon aplikasi yang diperbarui, efek pencahayaan dinamis, pencahayaan alami, dan elemen bayangan yang diterapkan di seluruh antarmuka pengguna.

Dua mesin baru, Aurora dan Tidal, meningkatkan performa animasi di dalam aplikasi. Dengan fitur ini, pengguna dapat menikmati animasi yang mulus tanpa mengalami lag meskipun berpindah-pindah antar aplikasi dengan cepat.

Sistem ini juga menawarkan efek gerakan baru dengan animasi yang ditampilkan secara konsisten dan halus.

Selain itu, terdapat sejumlah pengoptimalan yang membuat respons aplikasi meningkat sebesar 18 persen dan proses pemasangan aplikasi menjadi 26 persen lebih cepat dibandingkan generasi sebelumnya.


Inovasi Kecerdasan Buatan (AI)

ColorOS 15 memperkenalkan kemampuan AI yang lebih canggih, termasuk asisten AI bernama XiaoBu, yang dirancang untuk memungkinkan pengguna melakukan percakapan yang lebih alami.

Fitur baru lainnya adalah Circle to Search, yang dapat digunakan di layar untuk memudahkan pencarian cepat. Oppo juga telah meningkatkan kemampuan pemrosesan gambar menggunakan AI.

Fitur AI di ColorOS 15 juga memungkinkan pengguna untuk dengan mudah menghapus bagian tertentu dari gambar atau bayangan, serta mengurangi efek kabur dalam potret.

Fitur Live Photos di ColorOS 15 kini juga mendukung teknologi stabilisasi gambar elektronik, meningkatkan kualitas hasil foto. Selain itu, aplikasi Notes baru dilengkapi dengan kemampuan untuk memformat dan meringkas catatan.

Ada juga fitur pemindaian dokumen baru yang memungkinkan pengguna untuk meringkas dan menerjemahkan dokumen antar-bahasa, serta perekam suara yang mampu meringkas dan menyalin rekaman.

Hingga saat ini, dukungan bahasa pada ColorOS 15 belum diumumkan, tetapi asisten AI Oppo baru mendukung bahasa Inggris, Mandarin, dan Hindi.

ColorOS 15 akan hadir secara pra-instal pada seri Oppo Find X8 dan perangkat OnePlus 13 di China. Untuk model-model yang lebih lama, termasuk seri Find X7, Find N3, Find N3 Flip, dan seri OnePlus Ace 3, pembaruan akan mulai tersedia pada November 2024.

Pembaruan terakhir dijadwalkan akan berlangsung pada Maret 2025, dan salah satu perangkat yang akan mendapatkan pembaruan ColorOS 15 pada saat itu adalah Oppo Reno8 Pro+.

Advertisement
Advertisement
Dapatkan berita Indonesia terbaru viral 2024, update terkini hari ini dari media online SuaraNasional.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close