Tpz6TpCiGfz9BSd6BUMlGUA5Gd==

GoPay Hadirkan Fitur Baru "Split Bill" Berbasis AI, Mudahkan Pembayaran Sistem Patungan

GoPay Hadirkan Fitur Baru "Split Bill" Berbasis AI, Mudahkan Pembayaran Patungan
Peluncuran fitur split bill di aplikasi GoPay, Kamis (310). (Dok. Ist)

SUARANASIONAL.ID - GoPay, layanan pembayaran digital dari PT Goto Gojek Tokopedia (BEI), terus berinovasi dengan meluncurkan fitur terbaru yang diberi nama "Split Bill".

Fitur ini dirancang untuk mempermudah pengguna dalam berbagi tagihan atau melakukan pembayaran patungan. Dengan fitur ini, pengguna bisa memotret struk pembayaran, membagi nominal tagihan, menagih, dan membayar langsung melalui satu aplikasi.

"Fitur Split Bill ini bisa dimanfaatkan untuk berbagai pengeluaran bersama, mulai dari patungan saat makan bareng teman di restoran atau tempat kumpul-kumpul lainnya, bayar arisan, pengeluaran selama liburan hingga berbagi tagihan rutin bulanan lainnya," jelas Kelvin Timotius, Head of GoPay Wallet, dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis (3/10/2024).

Salah satu keunggulan dari fitur Split Bill di GoPay adalah kemampuannya untuk secara otomatis menghitung jumlah yang harus dibayar oleh setiap individu.

Fitur ini sangat membantu ketika makan bersama di restoran atau tempat lain, di mana penghitungan mencakup seluruh pesanan makanan dan minuman, pajak, serta biaya layanan yang ada di struk.

Teknologi kecerdasan buatan (AI) yang digunakan GoPay, yaitu Optical Character Recognition (OCR), memungkinkan pengguna untuk memfoto struk pembayaran, dan sistem secara otomatis akan membaca serta menghitung pembagian tagihan dengan akurasi lebih dari 90 persen.

"Pengguna cukup memfoto struk, lalu teks akan otomatis terbaca dengan sangat akurat, membuat proses pembagian tagihan jadi jauh lebih mudah dan cepat," ujar Kelvin.

GoPay juga menyediakan dua opsi bagi pengguna dalam membagi tagihan. Pertama, pengguna bisa memanfaatkan teknologi OCR untuk membagi secara otomatis sesuai dengan jumlah tagihan pada struk. Kedua, pengguna bisa memilih membagi tagihan secara merata di antara semua orang yang terlibat atau sesuai kebutuhan masing-masing.

Setelah pembagian nominal dilakukan, fitur Split Bill memungkinkan pengguna untuk menagih pembayaran melalui nomor telepon yang terdaftar di akun GoPay.

Jika teman yang ditagih belum memiliki aplikasi GoPay atau Gojek, notifikasi tagihan akan dikirim melalui WhatsApp. Fitur ini mempermudah proses penagihan, bahkan untuk orang yang belum terhubung dengan aplikasi.

Selain itu, pengguna juga dapat dengan mudah memantau status pembayaran. Begitu fitur Split Bill aktif, setiap anggota yang ikut patungan akan menerima notifikasi berjudul "Bayar Split Bill" di aplikasi GoPay mereka.

Dengan demikian, pembayaran bisa langsung diproses tanpa perlu repot bertanya nomor rekening. Semua transaksi dapat dilakukan hanya dengan konfirmasi nomor telepon, dan notifikasi pembayaran akan langsung muncul di akun GoPay masing-masing.

Inovasi terbaru ini diharapkan mampu memberikan kemudahan bagi para pengguna dalam berbagi tagihan, khususnya dalam situasi-situasi sosial seperti makan bersama, berlibur, atau berbagi pengeluaran rutin.

Dengan kehadiran fitur Split Bill, pengguna GoPay tidak lagi perlu khawatir dengan perhitungan manual atau proses penagihan yang rumit.

Advertisement
Advertisement
Dapatkan berita Indonesia terbaru viral 2024, update terkini hari ini dari media online SuaraNasional.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close