Tpz6TpCiGfz9BSd6BUMlGUA5Gd==

Benarkah Minum Kopi di Pagi Hari Bisa Tingkatkan Kreativitas? Cek Faktanya

Benarkah Minum Kopi di Pagi Hari Bisa Tingkatkan Kreativitas? Cek Faktanya
Ilustrasi. Minum kopi

SUARANASIONAL.ID - Mengawali hari dengan secangkir kopi mungkin dapat membantu meningkatkan fokus dan kemampuan pemecahan masalah, tetapi tidak berpengaruh signifikan terhadap kreativitas, menurut penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Consciousness and Cognition l edisi Maret, sebagaimana dilansir dari Pafitual.org.

Darya Zabelina, asisten profesor psikologi di University of Arkansas, dan timnya melakukan penelitian untuk mengeksplorasi efek kafein pada kreativitas.

Mereka melibatkan 80 orang sukarelawan yang dibagi menjadi dua kelompok.

Salah satu kelompok menerima pil kafein dengan dosis 200 miligram (mg), yang setara dengan satu cangkir kopi kental, sementara kelompok lainnya diberikan plasebo.

Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kafein mampu meningkatkan pemikiran konvergen, yang berhubungan dengan proses pemecahan masalah.

Namun, kafein tidak menunjukkan dampak yang signifikan terhadap pemikiran divergen, yang berhubungan dengan kreativitas. 

Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa kafein tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap memori kerja.

Namun, menariknya, mereka yang mengonsumsi kafein melaporkan suasana hati yang lebih baik dan merasa lebih sedikit sedih dibandingkan dengan kelompok plasebo.

"200 mg kafein meningkatkan pemecahan masalah secara signifikan, tetapi tidak berpengaruh pada pemikiran kreatif," jelas Zabelina, sebagaimana dilansir oleh WebMD.

Dari penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa meskipun minum kopi di pagi hari dapat memberikan dorongan dalam pemecahan masalah dan memperbaiki suasana hati, tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa kafein dapat meningkatkan kreativitas secara langsung.

Oleh karena itu, untuk meningkatkan kreativitas, mungkin perlu mencari cara lain selain mengandalkan kafein.

Advertisement
Advertisement
Dapatkan berita Indonesia terbaru viral 2024, update terkini hari ini dari media online SuaraNasional.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close