Tpz6TpCiGfz9BSd6BUMlGUA5Gd==

Investasi Emas Jadi Favorit Gen Z dan Milenial, Kok Bisa?

Investasi Emas Jadi Favorit Gen Z dan Milenial, Kok Bisa?
Ilustrasi investasi emas (Dok. Ist)


SuaraNasional.id Survei terbaru dari Bank of America Private Bank menunjukkan bahwa Generasi Z dan milenial semakin tertarik pada investasi emas. 

Di antara investor kaya yang berusia di bawah 43 tahun, 45% memiliki emas sebagai aset fisik, dan 45% lainnya tertarik untuk memilikinya. 

Hal ini adalah hasil yang mengejutkan, karena biasanya kelompok usia ini tidak menganggap emas, uang tunai, atau obligasi sebagai investasi menarik.

Thomas, Kepala Strategi Investasi di SoFI, menjelaskan bahwa saat imbal hasil dari obligasi meningkat dan uang tunai memberikan bunga tinggi, harga emas juga ikut naik. Ini membuat investor muda mulai melirik emas. 

"Seiring dengan naiknya imbal hasil Treasury, uang tunai membayar tingkat bunga yang tinggi, dan emas juga ikut naik. Kita melihat imbal hasil yang biasanya tidak kita lihat dalam jangka waktu sesingkat itu," kata Thomas

Studi lain dari State Street juga menunjukkan bahwa milenial memiliki alokasi terbesar terhadap emas di portofolio mereka, mencapai 17%, jauh lebih tinggi dibandingkan generasi boomer dan Gen X yang hanya 10%.

Eric Amzalag, perencana keuangan dari California, menambahkan bahwa banyak milenial suka memiliki emas secara fisik, bukan hanya secara digital.

Salah satu alasan meningkatnya minat terhadap emas adalah harga spot yang sehat, saat ini lebih dari $2.400 per ounce. 

Selain itu, produk emas semakin mudah ditemukan di toko-toko ritel, seperti Costco yang mulai menjual emas batangan dan telah melakukan perdagangan hingga $200 juta per bulan.

Emas juga menarik karena merupakan aset nyata. Jika terjadi masalah besar dalam sistem keuangan, emas memberikan kepastian karena Anda memiliki sesuatu yang dapat dipegang.

"Tentu saja, ketika aset memiliki imbal hasil yang tinggi, audiens yang lebih muda akan mulai bersemangat," sambungnya

Para ahli menyarankan agar emas dijadikan sebagai pelengkap dalam portofolio investasi. 

Jonathan Cameron, perencana keuangan dari Miami, merekomendasikan agar kliennya mengalokasikan sekitar 5% dari portofolio mereka untuk ETF emas sebagai lindung nilai.

Dengan pendekatan yang tepat, investasi emas bisa menjadi tambahan yang baik untuk portofolio Anda! ***

toto188

Advertisement
Advertisement
Dapatkan berita Indonesia terbaru viral 2024, update terkini hari ini dari media online SuaraNasional.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close