Tpz6TpCiGfz9BSd6BUMlGUA5Gd==

Gibran Blusukan Ke Solo, Benarkah Pamotan dengan Warga?


Gibran Blusukan Ke Solo, Benarkah Pamotan dengan Warga?
Gibran Rakabuming Raka saat blusukan ke warga (Dok. Ist)


SuaraNasional.id Wakil Presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka, melakukan blusukan di Solo sehari setelah mengumumkan pengunduran dirinya di Gedung DPRD Solo. 

Namun, Gibran menegaskan bahwa kunjungannya bukan untuk berpamitan kepada warga. Dalam kunjungannya, Gibran membagikan buku tulis dan susu kotak kepada anak-anak. Ia juga meninjau rumah-rumah warga yang tidak layak huni.

"(Pamit warga?) Nggak, nggak pamit, saya kan pasti sering muter ke sini juga, gitu nggih. Bukan berarti kita nggak akan di sini lagi tenang saja, nggih," kata Gibran usai blusukan di kampung Joyosuran, Pasar Kliwon, Solo, Rabu (17/7/2024).

Gibran menjelaskan bahwa aktivitas blusukannya ini mirip dengan yang dilakukannya saat mendampingi Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi, beberapa waktu lalu. Menurutnya, masalah-masalah yang ditemui akan terus dilaporkan ke pemerintah pusat.

"Itu kan terus berjalan (dibawa ke pusat), waktu saya kemarin dua minggu lalu dengan Pak Pj Gubernur DKI juga sama juga permasalahannya," ungkapnya.

Gibran juga menyebut bahwa masalah utama yang dihadapi adalah penanganan rumah kumuh di Solo. Untuk itu, ia menggandeng pihak swasta untuk membantu mengatasi masalah ini.

"Ya di Solo itu penanganan rumah kumuh masih banyak PR-nya, makanya kita banyak menggandeng swasta. Ini ada pihak swasta, ini memang jadi tanggung jawab bersama, kolaborasi, kita mengurangi RTLH lalu dari swasta juga terbantu," jelasnya.

Gibran menambahkan bahwa kunjungannya kali ini memang sudah dijadwalkan untuk melihat kondisi rumah tidak layak huni di 10 titik. Kunjungannya bukan karena pengunduran dirinya.

"Memang ada jadwal kunjungan RTLH, kita lihat RTLH di 10 titik, bukan karena pengunduran diri, sudah dijadwalkan kok," bebernya.

Ketika ditanya apakah blusukan ini dilakukan sebagai Wali Kota Solo, Gibran tidak memberikan jawaban yang jelas. Ia hanya mengatakan bahwa tanggung jawab sekarang ada di Wakil Wali Kota dan ia akan mengawal dari jauh.

Advertisement
Advertisement
Dapatkan berita Indonesia terbaru viral 2024, update terkini hari ini dari media online SuaraNasional.id melalui platform Google News.

Ketik kata kunci lalu Enter

close