Tantangan Prabowo Mewujudkan Misi Kemerdekaan Palestina

Tantangan Prabowo Mewujudkan Misi Kemerdekaan Palestina

@Ilustrasi


SUARANASIONAL.ID - Salah satu poin penting dari misi pasangan Capres-Cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga S Uno di dunia Internasional adalah soal kemerdekaan Palestina. Poin tersebut termaktub dalam “Program Aksi Politik, Hukum dan Keamanan-Pertahanan” dibagian ke-16 yang berbunyi: “Berpartisipasi aktif dalam membantu kemandirian Palestina sebagai negara yang merdeka dan berdaulat penuh.” Misi ini menjadi tantangan besar bagi Prabowo nantinya jika berhasil memenangkan Pilpres 2019.

Dari pemerintahan ke pemerintahan di Indonesia mulai orde lama hingga Joko Widodo, semuanya mendukung dan membela penuh Palestina untuk menjadi negara merdeka dan berdaulat. Perjuangan ini searah dengan amanah pembukaan UUD 1945 di paragraph I yang berbunyi: "Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan." Kemudian ditegaskan lagi dalam paragraph IV bahwa “…ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.”

Artinya, siapapun sosok yang memimpin Indonesia, sudah menjadi keharusan untuk terlibat aktif membela kemerdekaan Palestina dari penjajahan Israel yang sudah berlangsung selama 70 tahun, terhitung sejak 5 Mei 1948 ketika Israel mendeklarasikan diri menjadi negara. Mulai dari waktu itulah, penjajahan Israel terhadap Palestina telah mengorbankan banyak nyawa dan jutaan rakyat Palestina harus mengungsi ke negara lain serta luas wilayah Palestina jauh semakin sempit dari sebelumnya. Ditambah lagi ulah Israel menjadikan Jerussalem sebagai Ibu Kota negara pada tahun 1980, padahal wilayah Jerussalem sudah diputuskan menjadi “Kota Internasional” berdasarkan Resolusi 181 tahun 1947 Majelis Umum PBB.

Sesuai dengan resolusi PBB itu, seharusnya Yerussalem adalah wilayah yang berada dibawah kewenangan Internasional, dan diberikan status hukum dan politik yang terpisah dan dijadikan sebagai tujuan ziarah religi tiga agama: Yahudi, Islam dan Kristen. Klaim Israel terhadap Yerussalem sebagai Ibu Kota mendapat dukungan dari Amerika Serikat dan beberapa negara lainnya seperti Australia dengan memindahkan Kedutaan Besar dari Tel Aviv ke Yerussalem. Pemerintah Indonesia sendiri dibawah pemerintahan Joko Widodo menolak keras atas keputusan Amerika Serikat dan negara-negara lain memindahkan Kedutaan Besarnya ke Yerussalem. 

Namun, perjuangan Indonesia baik di KTT OKI maupun di PBB terhadap kemerdekaan Palestina dan menghentikan pendudukan dan penjajahan Israel belum membuahkan hasil. Apalagi Jokowi sendiri selama ini sudah 4 (empat) kali tidak menghadiri Sidang Umum PBB dan harus diwakilkan Jusuf Kalla. Seharusnya forum tersebut menjadi media Indonesia untuk menyampaikan rasionalisasi ke dunia Internasional bahwa kemerdekaan Palestina adalah harga mati. Dan lebih strategis dan relevan lagi ketika Presiden langsung yang menyampaikannya, tetapi sungguh sangat disayangkan karena selama ini Jokowi tidak menunjukkan taringnya untuk bersuara di forum Internasional atas kemerdekaan Palestina

Oleh karena itu, Prabowo harus bisa mempelajari dan memahami berbagai macam upaya-upaya pemerintah Indonesia selama ini dalam memperjuangkan kemerdekaan Palestina. Apa yang perlu diambil kemudian dikembangkan serta apa yang belum ditempuh pemerintah Indonesia untuk memerdekakan Palestina. Prabowo yang menjadikan Palestina sebagai lokus utama misi luar negeri Indonesia harus bisa menjalankan misinya: “Berpartisipasi aktif dalam membantu kemandirian Palestina sebagai negara yang merdeka dan berdaulat penuh.” Dalam rangka mewujudkan misi ini, selain belajar dari pengalaman, maka misi ini harus ditafsirkan dalam bentuk nyata yang relevan karena bicara soal Palestina bicara soal kekuatan global (super power) yaitu Amerika Serikat.  #Kemerdekaan PalestinaHargaMati.

*Penulis: Syaifullah (Peneliti Nasional Institute)

Prabowo: Saya Dituduh Tidak Beragama

SUARANASIONAL.ID – Prabowo Subianto, Calon Presiden RI Nomor Urut 02, berani dengan lantang mengungkapkan bahwa...

liputan6.com, detik.com, yahoo.com, twitter.com, facebook.com, berita terkini, viral, video terbaru, ratna sarumpaet , politik, 2018, pilpres, jokowi maruf, prabowo sandi