Siswanto: RP Mampu Ikut Mencerdaskan Kehidupan Berbangsa

Siswanto: RP Mampu Ikut Mencerdaskan Kehidupan Berbangsa

@Ilustrasi


SUARANASIONAL.ID - Rumah Penerjemah (RP) yang aktivitas utamanya yaitu menerjemahkan naskah dan/atau dokumen dari Indonesia ke Inggris dan Inggris ke Indonesia hari ini (Rabu, 6/02) telah me-launching website rumahpenerjemah.id.

Dalam momen ini, Dr.  Siswanto Rawali, Wakil Ketua DPP Persaudaraan Dosen Republik Indonesia, turut mengapresiasi keberadaan RP. Ia berharap agar RP mampu menjadi instrumen untuk berkontribusi memajukan kecerdasan kehidupan berbangsa.

“Selamat dan sukses atas launching website Rumah Penerjemah. Semoga mampu mewujudkan cita-cita dan harapannya dalam kehidupan kebangsaan Indonesia yang mencerdaskan,” tutur dosen Ilmu Komunikasi Univeristas Lambung Mangkurat (UNLAM), Jakarta (06/02).

Fitria Anis Kurly, Founder Rumah Penerjemah, menuturkan bahwa website Rumah Penerjemah ini diperuntuhkan untuk masyarakat luas agar mengenal lebih dekat tentang seputar Rumah Penerjemah karena selama ini hanya diperkenalkan melalui media sosial seperti facebook, instagram dan twitter.

“Keberadaan website Rumah Penerjemah ditujukan kepada masyarakat umum baik masyarakat Indonesia maupun masyarakat Internasional mengenai Rumah Penerjemah sebagai lembaga pelayanan jasa terjemahan. Untuk itu, website ini menggunakan dua bahasa dalam kontennya yaitu versi Inggris dan versi Indonesia ,” kata Fitri sapaan akrab dari Fitri Anis Kurly saat dihubungi redaksi suaranasional.id di Bristol, Inggris (06/2).

Terdapat beberapa hal yang perlu diketahui tentang lembaga pelayanan jasa ini, lanjut Fitri, diantaranya gerakan Rumah Penerjemah dibidang education, charity dan entrepreneurship serta program lain selain menerjemahkan seperti RP Scholarship Talk dan bimbingan menulis dalam bahasa Inggris yang lebih fokus pada Writing for IELTS.

“Education, Charity dan entrepreneurship menjadi semangat ada dan hidupnya Rumah Penerjemah. Untuk gerakan charity sendiri, setiap hasil terjemahan, konsultasi writing dan translator candidate akan disisihkan sebanyak 15 persen untuk membantu anak-anak Indonesia yang kurang mampu melanjutkan pendidikan,” tandasnya.

“Program RP Scholarship Talk rencananya akan dilaksanakan setiap minggu, yang menjadi pematerinya adalah mereka yang sedang menempuh kuliah di kampus luar negeri dan yang sementara mempersiapkan keberangkatan ke luar negeri melalui program beasiswa,” imbuh Fitri yang sementara menempuh kuliah Master TESOL di Universitas Bristol.

Disamping itu, Moh Jawahir, Coordinator Translator Rumah Penerjemah, mengungkapkan bahwa lembaga ini digerakkan sebanyak 39 translator yang tersebar di tanah air dan beberapa diantaranya sedang menempuh kuliah di luar negeri.

“Saat ini, Rumah Penerjemah memiliki 39 penerjemah yang memiliki kualiatas dan pengalaman yang dapat diandalkan. Beberapa dari penerjemah diangkat menjadi traner Writing for IELTS dan Trainer for Translator Candidate dengan kapasitas yang sangat memumpuni,” bebernya.

Rumah Penerjemah didirikan pada 10 Agustus 2018, dan dalam perjalanannya sudah menerjemahkan naskah dan/atau dokumen yang tidak sedikit jumlahnya.

liputan6.com, detik.com, yahoo.com, twitter.com, facebook.com, berita terkini, viral, video terbaru, ratna sarumpaet , politik, 2018, pilpres, jokowi maruf, prabowo sandi