Sandi: Banyak Impor Sebabkan Neraca Defisit

Sandi: Banyak Impor Sebabkan Neraca Defisit

Sandiaga S Uno, calon wakil presiden nomor urut 02. @Istimewa


SUARANASIONAL.ID - Persoalan Impor dan ekspor menjadi wacana penting dalam ekonomi yang terkait langsung dengan kebijakan pemerintah. Dan menjelang akan dilangsungkannya Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 tahun depan, problem ini terus menyeruak ke ruang perdebatan publik.

Calon wakil presiden nomor urut 02, Sandiaga Uno, tak ketinggalan ikut memberikan respon terhadap sejumlah kebijakan pemerintah yang melakukan impor sehingga justru lebih tinggi nilainya dari pada ekspor.

Dalam akun twiternya @sandiuno, Sandiaga memberikan penjelasan soal defisit neraca perdagangan Indonesia lantaran kebanyakan impor. Untuk itu ia meminta negara mesti melakukan penghematan.

“Meningkatnya permintaan impor barang yang lebih besar dibanding hasil ekspor membuat neraca perdagangan nasional defisit. Menyikapi adanya current account deficit ini, pemerintah harus melakukan penghematan. Untuk biaya-biaya yang belum perlu harus ditunda dulu,” cuitnya.

Selain itu, Lanjut Sandiaga, produk-produk yang tidak memiliki kaitan langsung dengan kepentingan rakyat mestinya segera distop. Sehingga bisa diambil oleh pengusaha-pengusaha lokal untuk memproduksinya.

“Barang-barang yang tidak perlu impor, harus distop. Kita berikan kesempatan kepada para pengusaha lokal, anak-anak bangsa untuk menciptakan produk-produk yang nantinya bisa dikonsumsi oleh bangsa kita sendiri,” cuitnya lagi.

Sebelumnya, Presiden Jokowi dalam sebuah acara juga mengeluhkan tingkat impor yang terjadi lebih banyak daripada ekspornya. 

Fadli: Ini Solusi Rezim Ala Sontoloyo

SUARANASIONAL.ID – Rizal Ramli, mantan Menteri Kordinator Kemaritiman RI, memberikan tanggapan terhadap statemen...

liputan6.com, detik.com, yahoo.com, twitter.com, facebook.com, berita terkini, viral, video terbaru, ratna sarumpaet , politik, 2018, pilpres, jokowi maruf, prabowo sandi