Rusia Luncurkan Kronstadt, Kapal Selam Siluman Tercanggih

Rusia Luncurkan Kronstadt, Kapal Selam Siluman Tercanggih

@Istimewa

SUARANASIONAL.ID - Angkatan Laut Rusia resmi menurunkan kapal selam siluman tercanggihnya yang diberikan nama Kronstadt, Kamis (20/9). 

Peluncuran kapal ini dilakukan saat upacara khusus yang dilangsungkan di galang kapal militer, St Petersburg yang disaksikan perwira Angkatan Laut Rusia. 

Disinyalir, kapal modern ini tak membutuhkan oksigen dalam operasinya. Selain itu, kapal dengan ukuran panjang 68 meter ini dianggap mmmerupakan proyek termewah yang melampaui pendahulunya, Proyek 636.  

“Kapal selam ini melampaui pendahulunya, Proyek 636, dalam setiap parameter. Kami yakin Proyek 677 pantas disebut sebagai masa depan kekuatan kapal selam non-nuklir Angkatan Laut Rusia,” kata Buzakov.

Seperti dilansir Militermeter.com (24/9), Proyek 677 Kapal selam Siluman Kronstadt mulai dibangun pada 2005. Namun pengerjaan sempat terhambat lantaran kendala dalam pembiayaan dan baru kembali dimulai pada 2013.

“Hari peluncuran akhirnya datang. Keterlambatan dalam pekerjaan konstruksi memungkinkan untuk menggunakan pengalaman dalam membangun dan mengoperasikan kapal selam St Petersburg.”

Jenis Proyek 677 dari kelas Lada termasuk kapal selam nonnuklir Rusia generasi keempat. Lengkap dengan persenjataan berakurasi tinggi, di antaranya enam peluncur torpedo 533 milimeter untuk 18 torpedo atau rudal, termasuk rudal jelajah Kalibr.

Kapal berbobot 1.750 ton di permukaan dan 2.650 saat menyelam ini diyakini mampu membawa 35 awak dan kecepatan maksimum di bawah air dapat ditempuh 21 knot (38 kilometer per jam) maksimum.

liputan6.com, detik.com, yahoo.com, twitter.com, facebook.com, berita terkini, viral, video terbaru, ratna sarumpaet , politik, 2018, pilpres, jokowi maruf, prabowo sandi