Produksi Pertamina terus Merosot, Pasokan Migas Terancam

Produksi Pertamina terus Merosot, Pasokan Migas Terancam

PT Pertamina (Persero). @Istimewa


SUARANASIONAL.ID – Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) mengungkap sejumlah temuan dari hasil kajian terkait produksi migas nasional oleh PT Pertamina (Persero) yang terus mengalami penyusutan.

Presiden Serikat Pekerja Pertamina Bersatu Arie Gumilar mengatakan saat ini Indonesia tengah dirundung masalah serius mengenai produksi migas dalam negeri.

Berdasarkan rilis yang disampaikan dalam acara dikusi bersama Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi, di Tangerang, Rabu (5/12), kata Arie, terdapat sejumlah fakta menarik yang patut jadi renungan bersama.

Fakta-fakta tersebut di antaranya, sejak 2008 Indonesia menjadi salah satu negara net importir alias negara pengimpor minyak. Kemudian, saat ini sekitar 50% dari BBM yang dikonsumsi masyarakat adalah hasil impor, cadangan migas yang terus berkurang serta minimnya eksplorasi.

Lebih lanjut, Arie menjelaskan pemerintah saat ini kurang serius mengatasi persoalan terkait kelangkaan produksi migas.

Pemerintah, menurut Arie, lebih sibuk mewacanakan isu kenaikan harga BBM. Sementara lupa mencarikan alternatif di tengah kian melorotnya pasokan migas yang dikelola oleh PT Pertamina.

Ia misalnya mengatakan, kondisi riil produksi migas oleh PT Pertamina (Persero) yang hanya menyumbang 21% dari produksi migas nasional.

Sedangkan, produksi migas terbesar dalam negeri justru dilakukan oleh dua perusahaan asing milik Amerika Serikat, yakni perusahaan Chevron Pasifik Indonesia dan Mobil Cepu yang masing-masing menyuplai 28% dan 25% produksi migas nasional. Selebihnya produksi migas nasional disumbang beberapa perusahaan kecil milik asing.

Menurut Arie, ketidakseriusan pemerintah menggenjot produksi migas lewat perusahaan negara (BUMN), PT Pertamnina (Persero), berakibat pada lemahnya ketahanan energi nasional. Hal ini kemudian berdampak pada rentannya situasi ekonomi dan pembangunan nasional.

Prabowo: Saya Dituduh Tidak Beragama

SUARANASIONAL.ID – Prabowo Subianto, Calon Presiden RI Nomor Urut 02, berani dengan lantang mengungkapkan bahwa...

liputan6.com, detik.com, yahoo.com, twitter.com, facebook.com, berita terkini, viral, video terbaru, ratna sarumpaet , politik, 2018, pilpres, jokowi maruf, prabowo sandi