Perpustakaan KBP Ditujukan untuk Membangun Tradisi Membaca

Perpustakaan KBP Ditujukan untuk Membangun Tradisi Membaca

Perpustakaan di Kampung Budaya Polowijen (KBP).@Istimewa

SUARANASIONAL.ID - Jika kita berkunjung ke Kampung Budaya Polowijen (KBP), maka yang identik pertama kali dengan KBP adalah topeng Malangan. Memang tak salah itu, KBP sebagi sebuah kampung yang berlokasi di Polowoijen memang akhir-akhir ini mulai menggeliat.

Di KBP, kita akan disuguhi beragam kegiatan kesenian tradisional, diantaranya seni tari topeng Malangan, dan masih banyak lagi. 

"KBP ingin selalu  mengedukasi masyarakat bahwa sangat penting untuk melestarikan seni tradisional. KBP juga ingin meningkatkan budaya membaca bagi masyarakat sekitar," kata penggagas KBP, Ki Demang saat ditemui di Polowoijen, Selasa (16/10). 

Untuk mewujudkan budaya membaca, menurut Ki Demang, KBP bekerjasama dengan stakeholders kampus, organisasi mahasiswa, dan para donatur lain, mendirikan perpustakaan sebagai salah satu fasilitas yang disediakan oleh KBP.

"Alhamdulillah para donatur menyumbangkan buku-bukunya untuk perpustakaan KBP," terang dia.

Sebuah perpustakaan kecil yang berbahan kayu, kini berisikan lebih dari 3000 buku dengan pelbagai tema. Mulai dari buku cerita, buku pengetahuan, novel, komik, agama, dan masih banyak lagi.

Dinda Rachman, mahasiswa Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang mengatakan, fasilitas perpustakaan yang ada di KBP harus benar-benar dimanfaatkan untuk menciptakan literasi membaca khususnya anak-anak sebagai generasi penerus bangsa. 

Dinda yang saat ini magang di KBP mengatakan, dalam pengamatannya, rata-rata pengunjung yang datang di perpustakaan tersebut adalah anak-anak. 

"Manfaat perpustakaan KBP tidak hanya dirasakan oleh anak-anak. Tetapi, juga dirasakan oleh masyarakat yang tinggal di sekitar KBP," kata Dinda. 

Pengakuan salah satu warga KBP, Harnowo, adanya perpustakaan itu membuat anak-anak lebih mudah mendapatkan pengetahuan baru.

"Anak-anak usai bermain permainan tradisional,   mereka meluangkan waktu senggangnya untuk membaca buku di perpustakaan KBP," kata dia.

liputan6.com, detik.com, yahoo.com, twitter.com, facebook.com, berita terkini, viral, video terbaru, ratna sarumpaet , politik, 2018, pilpres, jokowi maruf, prabowo sandi