Pekerja Seni KBP: Poster Sebagai Literasi Budaya Warga

Pekerja Seni KBP: Poster Sebagai Literasi Budaya Warga

SUARANASIONAL.ID - Mendapatkan informasi bisa melalui berbagai saluran. Selain lewat saluran teknologi komunikasi (internet, sosmed, dll), saluran informasi lewat poster juga medium tak kalah penting. Jika kita berkunjung ke Kampung Budaya Polowoijen (KBP), maka kita akan melihat papan informasi yang berisi ragam poster dari berbagai lembaga/organisssi. 

Ragam poster yang terpasang itu,  berisikan tentang informasi kebudayaan yang ada di Jawa, seperti situs-situs budaya, topeng Malangan, silsilah keturunan raja dan masih banyak yang lainnya. Beberapa  poster tersebut merupakan hasil dari warga sekitar KBP.

Wahyu, salah seorang pekerja seni KBP mengatakan, proses pembuatan  poster kayaknya terlihat mudah karena bentuk desainnya yang mungkin bagi sebagian orang-orang yang paham betul tentang cara mendesain poster, namun proses pengumpulan informasi tidaklah mudah. 

"Mereka harus mencari referensi yang valid sebagai bahan informasinya. Tidak heran warga tersebut paham akan sejarah kebudayaan kerajaan jawa," kata Wahyu di Polowoijen, Selasa (16/10).

Menurut Wahyu, beberapa sejarah yang ada pada poster ini, banyak yang tidak dijelaskan di sekolah. Salah satunya dalam silsilah keluarga raja banyak yang tidak disebut julukan dan nama asli mereka di buku pelajaran.

Poster-poster ini, menurut Wahyu, sangatlah cocok untuk dipajang sebagai bentuk kepedulian literasi warga KBP kepada masyarakat luar yang berkunjung ke KBP

"Sehingga upaya pemutusan dan keluputan sejarah peradaban besar yaitu Jawa tidak dapat terjadi," tukas dia.

liputan6.com, detik.com, yahoo.com, twitter.com, facebook.com, berita terkini, viral, video terbaru, ratna sarumpaet , politik, 2018, pilpres, jokowi maruf, prabowo sandi