Muhammadiyah dorong China Jadikan Xinjiang Tempat Terbuka

Muhammadiyah dorong China Jadikan Xinjiang Tempat Terbuka

Haedar Nashir, Ketua Umum Muhammadiyah dan Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia Xiao Qian. @iSTIMEWA


SUARANASIONAL.ID - Haedar Nashir, Ketua Umum Muhammadiyah, mendorong pemerintah China untuk menjadikan Provinsi Xinjiang sebagai tempat terbuka yang dapat dikunjungi oleh masyarakat internasional. Hal itu disampaikan saat menerima kunjungan Duta Besar Tiongkok untuk Indonesia Xiao Qian.

“Kami memberi masukan lewat Dubes (Xiao Qian) agar pemerintah China selain memberi penjelasan terbuka, juga harus menjadikan provinsi Xinjiang sebagai tempat terbuka untuk diketahui, dan orang-orang bisa berkunjung ke sana. Dengan keterbukaan itu, bisa diketahui apa yang terjadi sebenarnya,” ujar Haedar di Jakarta, seperti dilansir Antara, Jumat (28/12).

Duta Besar China untuk Indonesia Xiao Qian berkunjung ke Kantor Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah di Jakarta dan bertemu dengan Ketua Umum Muhammadiyah Haedar Nashir untuk membahas beberapa isu, salah satunya mengenai keadaan masyarakat Uighur di Provinsi Xinjiang, China.

Tiga hal utama yang menjadi pembahasan dalam pertemuan itu, yakni mengenai keadaan masyarakat Uighur di Provinsi Xinjiang, masalah investasi dan tenaga kerja China di Indonesia, serta upaya peningkatan hubungan kerja sama antarmasyarakat Indonesia dan China.

Pihak Muhammadiyah mendorong China sebagai salah satu negara besar yang mempunyai kekuatan ekonomi dan diplomasi luas dan menjadi pelopor paradigma politik internasional, dapat melihat persoalan yang terjadi terhadap kelompok Uighur dengan pendekatan komprehensif yang mengedepankan perdamaian.

Sementara itu, Dubes Xiao Qian mengatakan Provinsi Xinjiang merupakan wilayah terbuka yang dapat dikunjungi oleh siapa pun.

liputan6.com, detik.com, yahoo.com, twitter.com, facebook.com, berita terkini, viral, video terbaru, ratna sarumpaet , politik, 2018, pilpres, jokowi maruf, prabowo sandi