Memanas, Maruarar Tuding Darmin Berseberangan dengan Jokowi

Memanas, Maruarar Tuding Darmin Berseberangan dengan Jokowi

Darmin Nasution. @Istimewa


SUARANASIONAL.ID - Salah satu tokoh penting di Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin mengatakan kebijakan Menko Perekonomian Darmin Nasution bertentangan dengan visi Jokowi.

Menurut anggota Komisi XI DPR ini, kebijakan yang dipersoalkan ialah kebijakan Darmin membuka 54 bidang usaha ke asing. 

Dalam kebijakan itu Asing dibolehkan menanamkan modalnya 100 persen di bidang usaha yang sebelumnya masuk ke Daftar Negatif Investasi (DNI) itu.

Alasan Darmin memberikan ruang investasi sampai 100 persen pada sejumlah sektor tersebut dikarenakan kemampuan modal negara yang terbatas. Sementara itu, produk yang dihasilkan dari situ dibutuhkan agar Indonesia bisa mengurangi impor.

Meski demikian, Maruarar menilai kebijakan itu sangat bertolak belakang dengan visi kebijakan ekonomi Jokowi. 

“Kebijakan ini bertolak belakang dengan Pak Jokowi selama ini. Pak Darmin harus konsisten dengan Pak Jokowi, yang selama ini pro-UMKM,” ujar Maruarar kepada wartawan, Senin (19/11).

“Apalagi sektor yang kena seperti umbi-umbian, warung internet, dan lainnya. Ya sudahlah, itu biar dikelola UMKM saja, tak perlu investor asing di bidang itu,” sambungnya.

Atas pertimbangan itu Maruarar meminta Darmin membatalkan kebijakan itu. Sebab, bila kebijakan itu tak dibatalkan, maka jelas Darmin mengambil posisi berseberangan dengan Jokowi.

“Jadi saya minta kebijakan itu ditarik. Dia harus membela UMKM dalam situasi seperti sekarang karena dia pembantu Presiden. Visi-misi Presiden juga membuat jumlah pengusaha baru bertambah, makanya ada Hipmi Goes to Campus,” sambungnya.

Dia juga menambahkan kebijakan tersebut terkesan ganjil. Bagaimana tidak, justru di tengah situasi dimana Jokowi tengah gencar-gencarnya mengkampanyekan pentingnya insentif, ternyata muncul kebijakan ini.

“Pada saat Jokowi banyak sekali memberikan dukungan insentif, kok ada kebijakan ini. Ini anomali. Saya minta tolong menterinya mengikuti kebijakan Jokowi yang pro-UMKM,” timpal Maruarar.

Prabowo: Saya Dituduh Tidak Beragama

SUARANASIONAL.ID – Prabowo Subianto, Calon Presiden RI Nomor Urut 02, berani dengan lantang mengungkapkan bahwa...

liputan6.com, detik.com, yahoo.com, twitter.com, facebook.com, berita terkini, viral, video terbaru, ratna sarumpaet , politik, 2018, pilpres, jokowi maruf, prabowo sandi