Malaysia Kembali Ke Struktur Lama Pajak Levy

Malaysia Kembali Ke Struktur Lama Pajak Levy

Ilustrasi TKI di Malaysia

SUARANASIONAL.ID - Lim Guan Eng, Menteri Keuangan Malaysia, menyampaikan perubahan peraturan pekerja asing untuk kembali ke struktur lama dengan keseluruhan pajak pekerja asing atau levy dibayar majikan, di Putrajaya, Selasa (26/09).

"Pemerintah memutuskan kembali kepada struktur lama pembayaran levy bagi lanjutan permit pekerja asing dibayar majikan sepenuhnya," tuturnya.

Peraturan ini berlaku bagi pekerja dari luar yang sudah bekerja di Malaysia selama 10 tahun.

"Dengan kembalinya ke struktur asal, maka levy sebanyak RM 10.000 setahun dibayar sepenuhnya oleh majikan. Ini adalah untuk mereka yang memohon lanjutan setelah mereka bekerja di negara ini setelah 10 tahun," ucapnya.

Guan juga mengatakan majikan yang mempunyai pekerja asing yang telah bekerja lebih dari 10 tahun dan mau menyambung dengan levy setahun berjumlah RM10.000 akan dimulai 1 oktober 2018.

Namun, bagi mereka yang bekerja dibawah 10 tahun maka tidak ada masalah untuk membayar pajak sejumlah RM1.850 pertahun, lanjut paparannya.

"Kalua mereka tidak mau membayar RM10.000 pekerja bersangkutan boleh pulang ke negara asal terlebih dahulu dan datang semula sebagai pekerja baru, sehingga levy yang perlu dibayar hanya RM1.850," katanya.

Sebelumnya pemerintah memberlakukan 80 persen ditanggung pekerja dan 20 persen ditanggung majikan. Perubahan keputusan tersebut karena pengaduan golongan pekerja yang menyatakan bahwa mereka tidak mampu membayar levy. 

"Ada pandangan dari pihak pekerja yang mana mereka menyatakan tidak mampu membayarnya. Jadi kita menerima pandangan ini dan smeua levy sebanyak RM 10.000 setahun kita minta majikan yang membayar," ujarnya.

liputan6.com, detik.com, yahoo.com, twitter.com, facebook.com, berita terkini, viral, video terbaru, ratna sarumpaet , politik, 2018, pilpres, jokowi maruf, prabowo sandi