KPU Pangkalpinang Menetapkan Area Untuk Alat Peraga Kampanye

KPU Pangkalpinang Menetapkan Area Untuk Alat Peraga Kampanye

Alat peraga kampanye (ilustrasi)

SUARANASIONAL.ID - Wahyu Gusna, anggota KPU (Komisi Pemilihan Umum) Kota Pangkalpinang divisi SDM dan Partisipasi  Masyarakat, menyampaikan hasil rapat kordinasi kampanye dan sosialisasi PKPU Nomor 23 dan 28 Tahun 2018 untuk penentuan titik pemasangan alat peraga kampanye dan lokasi rapat umum, senin (18/09). Ia mengatakan, alat peraga kampanye boleh dipasang dimana pun kecuali di sepanjang jalan protokal dimulai dari Mesjid Asaadah Gabek sampai perbatasan wilayah Pangkalpinang dengan Bangka Tengah, di Jalan Soekarno-Hatta, dan 50 meter dari batas jalan protokol.

"Atas dasar jawaban surat dari pemerintah Kota Pangkalpinan tentang titik pemasangan APK dan hasil pembicaraan dengan peserta rapat, amak disepakati titik pemasangan APK dapat dipasang di seluruh wilayah Kota Pangkalpinang," kata Wahyu.

Adapun zona-zona yang harus diperhatikan dan menempatkan alat peraga 10 meter dari zona-zona tersebut.

"Selain itu 10 meter dari tempat yang dilarang, yaitu tempat ibadah termasuk halaman, rumah sakit atau tempat pelayanan kesehatan, gedung milik pemerintah dan lembaga pendidikan termasuk sekoloh. Pemasangan APK juga dilarang di anjungan Alun-Alun Taman Merdeka," katanya.

Sedangkan untuk lokasi rapat umum, berdasarkan hasil jawaban dari pemerintah Kota Pangkalpinang dan kesepakatan bersama peserta rapat untuk lokasi rapat umum di lapangan sepakbola SMAN 2, lapangan sepaknola Pasir Putih, Lapangan sepakbola Pasir Garam, Lapangan sepakbola Semabung Lama, lapangan sepakbola Tua Tunu, dan lapangan Grand Bangka City.

"Pembahasan lanjutan kampanye akan dilaksanakan dalam rapat koordinasi bersama dengan parpol, Bawaslu, pemkot beserta Forkopimda pada Rabu (19/09). Hal ini mengingat masih ada beberapa pasal dan ketentuan dalam PKPU NOMOR 23 Tahun 2018 yang perlu dipahami bersama agara kampanye pemilu yang akan dimulai dari 23 September 2018- 13 April 2019 dapat berjalan lancar, aman dan damai," ujarnya.

liputan6.com, detik.com, yahoo.com, twitter.com, facebook.com, berita terkini, viral, video terbaru, ratna sarumpaet , politik, 2018, pilpres, jokowi maruf, prabowo sandi