Ki Demang: Permainan Bakiak Lebih Diminati Anak-anak

Ki Demang: Permainan Bakiak Lebih Diminati Anak-anak

Kampung Budaya Polowijen (KBP) menggelar workshop permainan tradisional di Polowijen, Kel. Blimbing, Kota Malang, Jumat (19/10). @Istimewa

SUARANASIONAL.ID - Kampung Budaya Polowijen (KBP) menggelar workshop permainan tradisional di Polowijen, Kel. Blimbing, Kota Malang, Jumat (19/10). Acara yang diikuti lebih kurang 100 siswa SDN Arjosari 1 itu berlangsung meriah.

Penggagas KBP, Ki Demang mengatakan, KBP memiliki beberapa permainan tradisional, diantaranya egrang, engklek, dakon, jimbe, ular tangga raksasa, bakiak, holahop, dakon, dam-daman serta permainan tradisional lainnya. 

"Dari berbagai permainan tradisional yang ada, ratusan siswa itu lebih tertarik permainan bakiak. Baik itu siswa  laki-laki maupun perempuan. Saking semangatnya, bahkan mereka  saling berebut antar teman satu dengan teman yang lain," kata Ki Demang. 

Dian Angraini, mahasiswa Psikologi UMM yang mendampingi proses bermain anak-anak mengatakan, permainan anak ini  selain membangun kebersamaan dan kebahagiaan yang didapat oleh anak-anak,  juga memiliki manfaat lain diantaranya melatih koordinasi anggota tubuh, melatih kesabaran.

"Tentunya, juga dibutuhkan kekompakan dan kerjasama antara kelompok agar dapat mencapai tempat yang ditentukan," ujarnya. 

Sementara, Hariani,  guru pendamping siswa-siswa SDN Arjosari 1 mengapresiasi warga KBP yang peduli dengan pelestarian permainan tradisional.

“Di luar bayangan saya, ternyata di KBP ini ditemukan banyak ragam seni budaya yang dilestarikan, dan permainan tradisional ini sangat baik untuk anak-anak sekolah sebagai salah satu pembelajaran sejarah dan budaya. Kami berjanji akan membawa anak-anak didiknya ke KBP lagi karena selama 2 jam ternyata tidak cukup," terangnya. 

Permainan tradisional bakiak adalah sejenis sandal yang telapaknya terbuat dari kayu  ringan dengan pengikat kaki terbuat dari ban yang dipaku pada kedua sisinya. Bakiak atau umumnya juga disebut klompen,  menjadi permainan tradisional yang sangat digemari oleh pengunjung. Macam bakiak yakni ada bakiak 2 anak, bakiak 3 anak, bakiak 4 anak dan bakiak dewasa.

Sebelumnya, para pengunjung KBP disuguhi tari topeng Malangan. Mereka berkumpul di panggung, lalu diajak menari secara bersama-sama oleh penari kecil KBP yang masih sekolah TK, Adi Pramana.   Kemudian, dilanjutkan dengan  cerita sejarah polowijen, serta cerita tentang topeng Malang. *

liputan6.com, detik.com, yahoo.com, twitter.com, facebook.com, berita terkini, viral, video terbaru, ratna sarumpaet , politik, 2018, pilpres, jokowi maruf, prabowo sandi