Kaleng Berisik di Sawah, Harmoniskan Kampung Budaya Polowijen

Kaleng Berisik di Sawah, Harmoniskan Kampung Budaya Polowijen

SUARANASIONAL.ID - Kampung Budaya Polowijen (KBP) merupakan kampung budaya yang berada di kelurahan Polowoijen, Kec. Blimbing, Kota Malang. KBP sendiri berfokus pada kebudayaan topeng Malangan, permainan tradisional, macapat, membatik dan masih banyak lagi. 

Ketika baru memasuki daerah KBP, kita akan langsung menyaksikan tidak hanya rumah-rumah warga yang khas dengan anyaman bambu yang berada di sisi depan rumah dan gazebo yang berada di seberang rumah warga, tetapi sawah hijau yang terhampar luas dari ujung depan sampai ujung belakang wilayah KBP itu sendiri. 

Usai berkegiatan di KBP, nikmati fasilitas gazebo untuk  beristirahat dan duduk santai sembari ditemani angin. Seketika fokus perhatian teralihkan oleh suara yang lumayan keras dari arah hamparan sawah yang jelang panen. 

Iya, suara berisik itu adalah  kaleng yang melintang dipasang di tengah-tengah sawah, di dalam kaleng berisikan kerikil sehingga menghasilkan bunyi yang cukup berisik. 

Kaleng tersebut berfungsi untuk mengusir burung-burung agar tak memakan biji padi yang sudah terisi agar. Bunyi kaleng itu menciptakan kesan tersendiri bahwa cara yang dilakukan oleh pemilik padi cukup sederhana dan tidak menimbulkan dampak kerusakan untuk para burung dan sawah itu sendiri.

Kaleng yang dibuat untuk mengusir burung-burunf memang biasanya berfungsi saat lagi banyaknya burung yang hinggap pada tanaman padi. Biasanya burung-burung itu datang pada waktu pagi dan sore hari. Pada waktu tersebut pula angin yang dirasakan lagi kencang-kencangnya, sehingga perpaduan antara angin dan kaleng yang berada di sawah  menambah suasana pedesaan yang masih kental di wilayah KBP. 

Maka dari itu, wilayah KBP selain sebagai tempat untuk pelestarian budaya, juga suasananya masih kental dengan nuansa yang mendukung untuk dijadikan sebuah contoh yang harus tetap dilestarikan dan dikembangkan lebih besar lagi agar tidak luntur terkikis oleh zaman yang serba digital seperti sekarang ini. 


*Penulis: Eka Nur S (Mahasiswa Psikologi UMM yang sedang magang di KBP)

liputan6.com, detik.com, yahoo.com, twitter.com, facebook.com, berita terkini, viral, video terbaru, ratna sarumpaet , politik, 2018, pilpres, jokowi maruf, prabowo sandi