Kader Gerindra Ragukan Data Pengangguran di Kepri

Kader Gerindra Ragukan Data Pengangguran di Kepri

Onward Siahaan, Sekeretaris Partai Gerindra Provinsi Kepulauan Riau. @Istimewa

SUARANASIONAL.ID - Sekeretaris Partai Gerindra Provinsi Kepulauan Riau, Onward Siahaan, meragukan data Badan Pusat Statistik terkait angka pengangguran di Kepulauan Riau (Kepri).

Menurut Onward, angka pengangguran yang kini dirilis BPS tidak sesuai fakta di lapangan. Pasalnya, usai PHK di Batam, angka pengangguran pun meningkat drastis.

“Apakah betul hanya 7,12 persen fakta di lapangan? Karena banyak mereka yang bekerja dulunya di Galangan Kapal di Batam sudah pada menganggur,” ujar Onward menanggapi data pengangguran yang dipublikasi BPS Kepri di Tanjungpinang, Rabu (7/11).

BPS mencatat jumlah pengangguran terbuka di Kepri hingga Agustus 2018 mencapai 7,12 persen dari angkatan kerja sebanyak 970.132 orang. Sementara penduduk yang bekerja pada saat itu sebanyak 901.109 orang.

Namun, Onward membantah bila di Batam tidak terjadi pembludakan pengangguran. Justru, menurutnya dengan kejadian sejumlah perusahaan yang gulung tikar, memciu peningkatan pengangguran di Batam.

“Banyak perusahaan gulung tikar di Batam akibat berbagai persoalan. Ini menyebabkan jumlah pengangguran di Batam meningkat drastis,” bebernya.

Dia menambahkan kondisi dunia usaha di Kepri secara umum sama seperti Batam. Bila dilihat dari program Pemprov Kepri selama ini, ia menilai pemerintah tidak fokus untuk menciptakan atau memperluas lapangan pekerjaan.

Kurangnya keseriusan pemerintah daerah dalam mendorong pengembangan dunia usaha, menurutnya akan membawa dampak negatif bagi penyediaan lapangan pekerjaan di Kepri.

“Padahal, Kepri sangat tergantung kepada sektor swasta atau investor dalam menciptakan lapangan pekerjaan,” imbuhnya.

liputan6.com, detik.com, yahoo.com, twitter.com, facebook.com, berita terkini, viral, video terbaru, ratna sarumpaet , politik, 2018, pilpres, jokowi maruf, prabowo sandi