Jimly Nilai Polarisasi Politik Dapat Dewasakan Masyarakat

Jimly Nilai Polarisasi Politik Dapat Dewasakan Masyarakat

Jimly Asshiddiqie. @iSTIMEWA


SUARANASIONAL.ID - Ketua Umum Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI) Jimly Asshiddiqie memperkirakan Pilpres 2019 ini akan berlangsung panas. Meski begitu ia tetap berharap agar dapat dikelola dengan baik.

Hal itu disampaikannya dalam sebuah diskusi media Dialektika ICMI bertajuk “Tinjauan Konstitusi Preferensi Publik dalam Memilih Calon Pemimpin”, di Jakarta, Rabu (09/01).

"Pilpres ini memang tegang, tapi harus dikelola dengan rasional dan objektif," ujar Jimly.

Dalam tiga bulan ke depan, lanjutnya, suasa Pilpres akan semakin memanas. Untuk itu, ia berharap masyarakat untuk terbiasa dengan konflik yang akan terjadi. 

"Jadikan diri kita terbiasa dengan konflik. Waktu akan terjadi tiga bulan, akan makin panas," ucapnya.

Dalam penilaiannya, masyarakat Indonesia telah cukup terbiasa dengan polarisasi politik terutama menjelang Pilpres. Meski demikian, Jimly melihat aspek positif yaitu polarisasi tersebut dapat membuat masyarakat lebih bijaksana serta rasional.

"Mendewasakan para pemilih agar tidak terbawa perasaan. Jangan mencintai berlebihan dan membenci secara berlebihan kandidatnya sebab itu tidak rasional," tutur Jimly.

Prabowo Akui Didikan Para Senior

SUARANASIONAL.ID - Calon Presiden nomor urut 02, Prabowo Subianto menghadiri acara silahturahmi dengan para purnawirawan...

liputan6.com, detik.com, yahoo.com, twitter.com, facebook.com, berita terkini, viral, video terbaru, ratna sarumpaet , politik, 2018, pilpres, jokowi maruf, prabowo sandi