Gladi Tari Topeng Malang Antara Ritus dan Ritme

Gladi Tari Topeng Malang Antara Ritus dan Ritme

SUARANASIONAL.ID - Menari adalah ekspresi jiwa yang pada dasarnya ditampilkan untuk memperlihatkan perilaku, kehidupan dalam masyarakat, bahkan memiliki makna cerita tentang sejarah ataupun kejadian-kejadian tertentu. Menari dilakukan melalui gerak, lagu, dan ritme yang didalamnya memiliki makna, penghayatan, dan mengandung nilai dan pesan moral.

Dari sekian banyaknya ragam jenis tarian, di Kampung Budaya Polowijen memiliki tarian yang khas, yaitu tari topeng. Tari topeng sendiri merupakan tarian yang penarinya mengenakan topeng. Secara luas digunakan dalam tari yang menjadi bagian dari upacara adat atau penceritaan kembali cerita-cerita kuno dari para leluhur. Diyakini bahwa topeng berkaitan erat dengan roh-roh leluhur yang dianggap sebagai interpretasi dewa-dewa. Pada beberapa suku, topeng masih menghiasi berbagai kegiatan seni dan adat sehari-hari.

Kampung Budaya Polowijen memiliki Tarian khas tersendiri, yaitu Tari Topeng Ragil Kuning. Warga secara rutin menggelar latihan tari-tarian dengan bimbingan guru tari, peserta yang mengikuti latihan pun ada yang tergolong sangat muda hingga orang tua. Setiap gerakan yang diajarkan memiliki keinginan untuk melestarikan budaya seni tari malang. 

Latihan tari ini diselenggarakan secara rutin setiap hari minggu pagi ini sangat dinantikan oleh setiap peserta tari, sebagian dari mereka pun sudah ada yang bisa hafal setiap gerak tangan, kepala, dan kaki, serta tubuh saat membawakan tari topeng malangan tersebut. Para mahasiswa jurusan Psikologi dari Universitas Muhammadiyah Malang yang ikut serta dalam latihan tari pun terlihat sangat senang dan antusias ketika disuruh untuk ikut berperan dalam setiap gerakan tari topeng di kampung budaya polowijen.

Dengan iringan musik, mereka mengikuti setiap gerakan yang diajarkan oleh sang guru. Belajar tari topeng di kampung budaya Polowijen saat liburan merupakan sesuatu yang menarik. Selain ikut dalam melestarikan budaya daerah, tari topeng juga ikut menjauhkan mereka dari sisi buruknya perkembangan di era digital seperti saat ini.


*Penulis: Dian Angriani, Mahasiswa Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang

liputan6.com, detik.com, yahoo.com, twitter.com, facebook.com, berita terkini, viral, video terbaru, ratna sarumpaet , politik, 2018, pilpres, jokowi maruf, prabowo sandi