Gazebo di KBP Sarat Para Tokoh Topeng Malang

Gazebo di KBP Sarat Para Tokoh Topeng Malang

Terliah seorang ibu tua sedang duduk santai di Gazebo, di Kampung Budaya Polowijen (KBP). @Istimewa

SUARANASIONAL.ID - Gazebo merupakan fasilitas dengan ruang-ruang terbuka sebagai alternatif tempat berkumpul atau bersantai. Uniknya, di Kampung Budaya Polowijen (KBP), gazebo-gazebo yang tersedia di kampung tersebut memiliki nama para tokoh topeng Malang. 

Dalam pengamatan Dwi Irma, mahasiswa Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang yang saat ini tengah magang di Kampung Budaya Polowoijen (KBP), gazebo pertama yang berada di depan dari gapura masuk KBP hingga terakhir berturut-turut memiliki nama yaitu, Dewi Sekartaji, Dewi Kilisuci, Ragil Kuning, Panji Asmorobangun, Bapang Joyosentiko, Patih Bolodewo, Raden Gunungsari dan Prabu Klono Swandono disertai dengan gambar topeng di sampingnya. 

Menurut Dwi Irma, fasilitas gazebo yang tersedia di KBP ini dimanfaatkan warga untuk bersantai tidak hanya di sore hari sambil menikmati semilir angin dengan pemandangan sawah yang menghampar di belakang gazebo. 

"Selain itu, gazebo juga kerap digunakan untuk berkegiatan seperti membatik, membuat topeng, dan bermain permainan tradisional. Serta digunakan untuk bercengkrama dengan sesama warga ataupun bertamu," kata Irma di Polowoijen, Selasa (16/10).

Selain itu, sambung Dwi Irma, di KBP terdapat 2 gazebo besar, yang satunya digunakan biasanya untuk menyambut tamu atau berdiskusi karena di sana tersedia kursi dan meja yang ditujukan untuk para tamu dan orang-orang yang memiliki kepentingan. 

"Untuk gazebo yang satunya lagi biasanya digunakan untuk menyambut orang-orang dalam skala yang lebih besar dan untuk latihan menari," ujarnya. 

Maka dari itu, gazebo yang berada di KBP memiliki banyak fungsi serta menambah kekentalan budaya di tengah masa milenial seperti sekarang ini. 

"Anak milenial tetap harus melek budaya dan merawat tradisi budaya yang ada," pungkasnya.

liputan6.com, detik.com, yahoo.com, twitter.com, facebook.com, berita terkini, viral, video terbaru, ratna sarumpaet , politik, 2018, pilpres, jokowi maruf, prabowo sandi