GAPERO: Pemerintah Perlu Memberi Pelonggaran Batasan Jumlah Produksi SKT

GAPERO: Pemerintah Perlu Memberi Pelonggaran Batasan Jumlah Produksi SKT

@Istimewa

SUARANASIONAL.ID - Ketua Gabungan Perusahaan Rokok (Gapero) Surabaya, Sulami Bahar mengatakan, Sigaret Rokok Tangan (SKT) perlu diberi kesempatan dengan pelonggaran batasan jumlah produksi untuk mengisi pasar yang ditinggalkan rokok ilegal.

Hal ini, mengingat pemerintah melalui Ditjen Bea Cukai berhasil menurunkan peredaran rokok ilegal menjadi 7% di tahun 2018 yang sebelumnya 12,14%.

Menurutnya, penurunan tersebut sebanding dengan 18 miliar batang rokok. Lima persen yang ditinggalkan rokok ilegal dapat diisi dengan produk legal, terutama SKT golongan kecil dan menengah.

"Karena harganya ini tidak terpaut jauh dengan rokok ilegal,” katanya di Surabaya, Selasa (16/10).

Dikatakan Sulami, supaya SKT dapat mengisi kekosongan pasar tersebut, maka diperlukan pelonggaran batasan produksi dari pemerintah. Dengan pelonggaran batasan produksi, SKT diharapkan dapat menyerap tenaga kerja tambahan.

“SKT perlu diberi kesempatan untuk mengisi pasar yang tadinya diisi oleh produk ilegal. Caranya dengan dilonggarkan batasan produksinya, terutama untuk golongan II dan III yang adalah industri kecil dan menengah,” terangnya.

liputan6.com, detik.com, yahoo.com, twitter.com, facebook.com, berita terkini, viral, video terbaru, ratna sarumpaet , politik, 2018, pilpres, jokowi maruf, prabowo sandi