Edukasi Musik Tradisional Untuk Cintai Budaya Nusantara

Edukasi Musik Tradisional Untuk Cintai Budaya Nusantara

SUARANASIONAL.ID - Kampung Budaya Polowijen (KBP) yang berlokasi di kelurahan Polowijen, Kec. Blimbing, Kota Malang ini, terus menerus melakukan inovasi. KBP yang sebelumnya  mengembangkan tari topeng Malang, batik topeng Malang dan permainan tradisional, kini  mengembangkan musik tradisional dengan perpaduan seperangkat gamelan, kendang jimbe dan kentongan (terbuat dari bambu) yang lebih mirip seperti perkusi.

"KBP lebih mengkolaborasi segala macam alat musik yang siap dipukul. Semangatnya adalah memberikan edukasi kepada warga dan pengunjungnya untuk berani menabuhnya," kata penggagas KBP, Ki Demang dalam workshop permainan tradisional di Polowijen, Sabtu (20/10).

Dikatakan Ki Demang, permainan musik perkusi tradisional di KBP ternyata banyak diminati oleh puluhan siswa SDN Arjosari 1 Kota Malang. Mereka antusias dan tampak berebut ingin memukul alat-alat musik itu meskipun mereka tidak ada yang pandai memainkannya. 

"Tetapi semua pada berebut ingin mencobanya," ujar Ki Demang. 

Kepala Sekolah SDN Arjosari 1, Soepriono yang mendampingi siswa-siswanya  memandu anak-anak untuk memukul dan menabuh alat musik itu sehingga menimbulkan ritme dan irama yang lebih selaras. 

Mereka memainkan musik yang mengiringi lagu Arema sehingga secara sontak anak-anak langsung bernyanyi dan memukul gamelan, kendang dan kentongan sehingga permainan perkusinya menjadi lebih selaras.

Menurut Soepriono, permainan tradisional seperti di KBP ini perlu dilestarikan. Pasalnya,  sarat  nilai dan pesan moral. 

"Pentingnya memperkenalkan permainan tradisional adalah sebagai salah satu upaya untuk mencintai budaya, sekaligus cara membangun kebersamaan, kekompakan, menghargai dan saling asah asih dan asuh," terangnya.

Ki Demang menambahkan, permainan dan musik tradisional diselenggarakan dalam bentuk workshop. Tujuannya adalah mengenalkan kembali  permainan dan musik tradisional untuk membangun karakter dan budaya bangsa.

"Jangan sampai luntur dan tergerus dengan hal-hal yang berbau modern," pungkasnya.

liputan6.com, detik.com, yahoo.com, twitter.com, facebook.com, berita terkini, viral, video terbaru, ratna sarumpaet , politik, 2018, pilpres, jokowi maruf, prabowo sandi