Bunyi-bunyian Permainan Musik Tradisional, Hebohkan Festival Panawijen Djaman Bijen

Bunyi-bunyian Permainan Musik Tradisional, Hebohkan Festival Panawijen Djaman Bijen

Penampilan Musik Tradisional di Acara Festival Panawijen Djaman Bijen. @Istimewa


SUARANASIONA.ID - Pada Festival Panawijen Djaman Bijen juga menyuguhkan permainan musik tradisional. Kepada pengunjung, panitia membagikan permainan musik dolanan untuk turut memainkannya. Terdengar berbagai bunyi seperti orok-orok, kendang klintingan, dan lain-lain yang dimainkan secara berirama. Suasana makin ramai dan gaduh dengan kehadiran ratusan mahasiswa dari UPI Bandung, UM Malang, ISI Yogjakarta, UMM dan warga KBP yang turut berpartisipasi dalam perhelatan itu.

Mahasiswa Psikologi UMM Ramavito yang didaulat menjadi ‘dirijen’ mengungkapkan, suguhan bunyi-bunyian yang bersumber dari berbagai permainan musik tradisional itu awalnya dimainkan secara acak. Pelan namun pasti, kemudian adanya koordinasi irama yang mulai terbentuk. Sementara, pengunjung lain mengikuti dengan suara dan nyanyian yang disuarakan secara koor.

“Para pengunjung mulai mengikuti arahan dan menikmati irama yang dihasilkan,” ujarnya.

Para pengunjung juga dimanjakan dengan ikut berpartisipasi dengan sesi-sesi yang telah disiapkan. Sebut saja, mereka ikut menari topeng, menembang mocopat, membuat topeng serta membatik, dan mendapatkan suguhan jajanan tradisional.

Mahasiswa UPI Bandung Aisyah mengaku antusias saat memainkan permainan bunyi-bunyian permainan musik tradidional. Ia juga mengaku sudah jarang melihat apalagi memainkan berbagai permainan musik tradisional. Karena itu, ia mewanti-wanti kalangan mahasiswa sebagai agen perubahan harus merawat permainan tradisional yang keberadaannya sudah tergantikan oleh permainan di smartphone.

Sementara itu, mahasiswa ISI Yogyakarta Mahfud mengatakan, permainan tradisional dan musik dolanan merupakan alat musik yang dapat dimainkan siapa saja dan dapat menghasilkan harmoni musik  dan  bunyi-bunyian yang khas, tinggal pemainnya dapat menselarahkan antara pemain musik satu dengan yang lain.  Ia menambahkan, arti penting dari permainan musik dolanan jika menghasilkan harmonisdasi sesungguhnya adalah belajar tentang keberanian untuk memukul, kepekaan bermusik dan saling berbagi dengan pemainnya. 

“Musik dolanan tradisional dapat menumbuhkan kecintaan budaya lokal terhadap pemanfaatan benda apa saja yang mudah didapatkan di sekitarnya,” ujarnya.

Fadli: Ini Solusi Rezim Ala Sontoloyo

SUARANASIONAL.ID – Rizal Ramli, mantan Menteri Kordinator Kemaritiman RI, memberikan tanggapan terhadap statemen...

liputan6.com, detik.com, yahoo.com, twitter.com, facebook.com, berita terkini, viral, video terbaru, ratna sarumpaet , politik, 2018, pilpres, jokowi maruf, prabowo sandi