BPN Prabowo-Sandiaga Persoalkan Kualitas Kotak Suara dari Kardus

BPN Prabowo-Sandiaga Persoalkan Kualitas Kotak Suara dari Kardus

Ketua DPP Partai Gerindra Chusni Mubarok. @Istimewa


SUARANASIONAL.ID - Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi mempersoalkan keputusan Komisi Pemilihan Umum (KPU) terkait penggunaan bahan material kotak suara yang terbuat dari karton.

Menurut Anggota BPN Chusni Mubarok, material karton yang diklaim anti air itu dinilai sama seperti kardus. Sehingga, sangat wajar apabila masyarakat banyak yang mempertanyakan kualitasnya.

“Saat ini kan marak ancaman Pemilu 2019 berlangsung tidak fair. Mulai dari tercecernya e-KTP hingga daftar pemilih yang juga masih bermasalah,” ujar Chusni dalam keterangan tertulis, Senin (17/12).

Chusni mengklaim, kualitas bahan kotak suara yang kini jadi sorotan publik perlu dipertimbangkan. Apalagi, saat ini banyak masyarakat merasa curiga dengan kejadian belakangan seputar data pemilih maupun masalah e-KTP.  

“Ditambah lagi kondisi fisik kotak suara seperti ini. Inilah yang akan memunculkan kecurigaan di tengah masyarakat,” ujarnya.

Lebih lanjut, dia juga mengatakan KPU seharusnya lebih peka terhadap situasi seperti sekarang. Berbagai indikasi tersebut semakin memperjelas potensi kecurangan yang akan terjadi pada pemilu 2019 mendatang.

Karena itu, Ketua DPP Partai Gerindra itu mengimbau agar KPU kembali mempertimbangkan potensi buruk tersebut.

“Siapapun bisa buka kardus itu tanpa berbekas atau tanpa buka gemboknya. Sepertinya banyak orang juga bisa lakukan itu. Artinya gembok d isitu enggak ada artinya,” paparnya. 

Sebelumnya, Ketua KPU Arief Budiman menyanggah bahwa kotak suara yang dibuat oleh pihaknya tersebut mudah rusak. Ia memastikan kotak suara berbahan karton kedap air aman untuk digunakan. Alasannya, model seperti ini juga dipilih karena lebih hemat.

liputan6.com, detik.com, yahoo.com, twitter.com, facebook.com, berita terkini, viral, video terbaru, ratna sarumpaet , politik, 2018, pilpres, jokowi maruf, prabowo sandi