Bawaslu: Poster Raja Jokowi Bukan Pelanggaran Pemilu

Bawaslu: Poster Raja Jokowi Bukan Pelanggaran Pemilu

Ratna Dewi Pettalolo. @Istimewa


SUARANASIONAL.ID - Komisioner Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Ratna Dewi Pettalolo mengatakan poster bergambar presiden Joko Widodo mengenakan baju raja bukan bagian dari kampanye hitam. Sebab, tidak mengandung unsur suku, agama, ras dan antargolongan (SARA) seperti diatur dalam Undang-undang Pemilu. 

“Setelah kami melihat, itu tidak mengarah kepada ujaran kebencian, black campaign, atau mengandung unsur SARA,” kata Ratna di Kantor Bawaslu, Jakarta, Rabu (14/11).

Adapun alasan kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) bersama-sama dengan Bawaslu menurunkan poster-poster tersebut karena menilai itu bukan dibuat oleh pihak mereka. Psoter tersebut dinilai sangat merugikan kubu Jokowi. 

“Apa yang dilakukan oleh Bawaslu bersama PDIP menurunkan (poster dan spanduk), karena PDIP merasa itu bukan bahan yang mereka produksi dan mereka menginginkan untuk diturunkan,” ujarnya. 

Ketua DPD PDIP Jawa Tengah, Bambang Wuryanto sebelumnya pernah mengatakan bahwa pihaknya langsung membuat surat kepada struktur partai, termasuk caleg PDIP.

“Kami tanya siapa yang suruh. Dia bilang, ini perintah dari orang di pusat. Tetapi, tak bisa sebut siapanya. Ditanya ambil dari mana? Dikasih tahu dan ketemu orangnya. Saat ke sana, di situ juga ada 800-an yang belum dipasang. Kami foto orangnya. Kami data semuanya,” ujar Bambang dalam keterangannya, Rabu (14/11).

Bambang menjelaskan, dari penelusuran lebih lanjut diketahui pemberi instruksi pemasang poster itu berada di satu tempat penginapan. Dari interogasi, pelaku pemasang menyebut pihak pemberi instruksi berada di Hotel Siliwangi, Semarang, Jawa Tengah.

Namun, hingga kini tidak diketahui siapa pihak yang dimaksudkan dalam pernyataan tersebut.

Prabowo: Saya Dituduh Tidak Beragama

SUARANASIONAL.ID – Prabowo Subianto, Calon Presiden RI Nomor Urut 02, berani dengan lantang mengungkapkan bahwa...

liputan6.com, detik.com, yahoo.com, twitter.com, facebook.com, berita terkini, viral, video terbaru, ratna sarumpaet , politik, 2018, pilpres, jokowi maruf, prabowo sandi