Antisipasi Gagal Panen, Prabowo-Sandi Rancang Kebijakan Asuransi Kegagalan Panen

Antisipasi Gagal Panen, Prabowo-Sandi Rancang Kebijakan Asuransi Kegagalan Panen

Dian Islamiati Fatwa (tengah), Juru Bicara Prabowo-Sandi. @iSTIMEWA


SUARANASIONAL.ID - Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden (paslon) nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno merancang kebijakan atau program asuransi kegagalan panen. Hal itu agar para petani tidak kesulitan jika terjadi kegagalan panen.

“Kita akan menyediakan asuransi kegagalan panen. Kita sedang cari skemanya. Ada yang semacam kita sebut no farmer, no food, no future atau kalau tidak ada petani, tidak ada makanan, tidak ada masa depan. Petani happy (bahagia) jadi prioritas kita,” kata Juru Bicara Prabowo-Sandi, Dian Islamiati Fatwa.

Pernyataan tersebut diungkapkan Dian dalam Dialog Perspektif Indonesia bertajuk “Jelang Debat Kedua” di Jakarta, Sabtu (16/02). 

“Stabilitas harga menjadi persoalan penting. Kalau harga naik kan bagaimana menurunkan harga, tetapi kalau harga turun, bagaimana dengan nasib petani. Kita ingin mak-mak bahagia, petani bahagia,” ucap Dian.

Dian menjelaskan pihaknya akan memperkuat modernisasi di sektor pertanian. Hal itu bisa dilakukan melalui pembangunan infrastruktur di tingkat desa. 

“Pertanian menjadi cangkul digital. Kalau hanya cangkul saja tanpa pahami persoalanan manajemen dan pemasaran akan kesulitan. Kita harus memperkuat masyarakat. Kita ingin memodernkan petani,” tegas Dian.

Selain itu, Dian juga menyinggung soal kemungkinan kebijakan impor diterapkan apabila Prabowo-Sandi memimpin. Menurut Dian, jika tidak begitu dibutuhkan, impor akan dihindari. 

“Kita akan kendalikan impor. Lebih realistis. Masalah sekarang ketika kebutuhan berlimpah, tetapi kok ada impor. Perlu big data untuk melihat kebutuhan per kota, per daerah,” pungkasnya.

Oesman Minta Pemerintah Kurangi Impor

SUARANASIONAL.ID - Pemerintah diharapkan mampu mengurangi volume impor pangan. Selain itu, diapun mendorong pemerintah...

liputan6.com, detik.com, yahoo.com, twitter.com, facebook.com, berita terkini, viral, video terbaru, ratna sarumpaet , politik, 2018, pilpres, jokowi maruf, prabowo sandi