Anggaran Bocor 25%, Sandiaga: Presiden Jokowi Mestinya Introspeksi Bukan Nyerang

Anggaran Bocor 25%, Sandiaga: Presiden Jokowi Mestinya Introspeksi Bukan Nyerang

Sandiaga S Uno, callon wakil presiden nomor urut 02. @iSTIMEWA


SUARANASIONAL.ID - Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno meminta agar kubu Jokowi banyak lakukan introspeksi, bukan menjadikan perkataan capres Prabowo Subianto soal kebocoran anggaran 25 persen untuk menyerang balik.

“Jadi buat kita ini jangan digunakan sebagai ajang saling serang, tapi untuk introspeksi bahwa anggaran kita belum digunakan untuk kesejahteraan rakyat. Anggaran kita masih banyak yang tidak dikelola secara profesional. As simple as that, sangat sederhana,” kata Sandiaga di GOR Bulungan, Jakarta Selatan, Jumat (08/02).

Sandi menuturkan, pernyataan Prabowo soal kebocoran anggaran tersebut sejak 2014 dan itu benar terjadi. Hal itu menurutnya, berdasarkan data dari KPK dan BPK

“Kita lihat angka-angkanya luar biasa, ada yang Rp 5 Triliun, ada yang Rp 3 Triliun. Kalau dijumlah bisa mencapai angka yang sangat besar dan menurut kita belum sebagian, karena kata KPK, kalau mau OTT, tiap hari juga bisa. Bayangkan kalau tiap hari Rp 1 triliun, bisa Rp 365 triliun,” ujar Sandi. 

Selain itu, Sandi mengomentari pernyataan Presiden Jokowi yang meminta kubu Prabowo melapor ke KPK kalau memang benar terdapat kebocoran anggaran. 

Sandi mengatakan dugaan tersebut sebenarnya KPK telah mengetahuinya. Bahkan, kata Sandi, KPK dapat menindak kebocoran aggaran itu, namun terhalang keterbatasan dana. 

KPK bilang dia kalau mau OTT setiap hari bisa, tapi mereka ada keterbatasan dana. Sekarang kita lihat KPK diserang udah sangat berani penegak hukum di serang,” kata Sandiaga.

Prabowo menemukan fakta 25 persen anggaran negara atau sekitar Rp 500 triliun telah bocor. Prabowo menjelaskan bobocoran anggaran itu dipicu perilaku korupsi terhadap proyek-proyek pembangunan yang nilainya digelembungkan. Padahal, kebocoran anggaran itu jika digunakan dengan baik bisa untuk membangun 200 pabrik bagi produk-produk Indonesia.

“Kalau anggaran kita sudah mendekati Rp 2.020 triliun, 25 persen bocor, artinya 50 miliar dolar AS hilang. Artinya hampir Rp 500 triliun yang bocor. Bayangkan, dengan yang hilang ini kalau kita pakai untuk kesejahteraan dan perekonomian kita, apa yang bisa kita buat saudara-saudara,” kata Prabowo di acara tersebut, Sports Mall Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (6/2).

liputan6.com, detik.com, yahoo.com, twitter.com, facebook.com, berita terkini, viral, video terbaru, ratna sarumpaet , politik, 2018, pilpres, jokowi maruf, prabowo sandi