Air Bersih untuk Korban Bencana Palu Ditemukan

Air Bersih untuk Korban Bencana Palu Ditemukan

SUARANASIONAL.ID - Gempa berkekuatan 7.4 skala Richter (SR) dan disusul gelombang tsunami di Palu dan Donggala serta menghilangkan satu desa dan juga beberapa daerah dipenuhi lumpur mengakibatkan keringnya air bersih untuk para korban. 

Sore hari ini, Jum’at (19/20), Satgas (Satuan Tugas) untuk bantuan korban bencana palu akhirnya berhasil menemukan air bersih di wilayah korban gempa melalui pengeboran sedalam 120 meter di bawah tanah.  Titik lokasi sumber air bersih di temukan oleh satgas yang berasal dari Denzipur 08 bekerjasama dengan Yonzipur 17 yang bahu membahu melakukan survei geologi dan akhirnya menemukan sumber air di kedalaman 120 meter tersebut.

Sebelumnya, pada Jum’at pagi Lettu Devi Yunus, Dan Satgas dari Denzipur 08 melaporkan bahwa  perubahan struktur tanah akibat gempa dan tingginya kontur di wilayah pencarian titik air bersih menjadi hambatan besar untuk menemukan air bersih yang sangat mendesak dibutuhkan korban gempa. Devi Yunus menjelaskan, lokasi yang saat ini menjadi titik konsentrasi pemulihan baru satu titik yaitu wilayah Petobo dan Balaroah yang hilang di guyur lumpur dan mempersulit bantuan masuk khususnya air bersih.

“Sulit temukan sumber air untuk pengungsi khususnya mereka yang berada di wilayah pengungsian dataran tinggi di palu” paparnya. Denzipur 08 dan Yonzipur 17 berinisiatif bersama melakukan survey geology dan menemukan titik sumber air hingga di kedalaman 120 meter. Saat ini kedua kesatuan tengah giat melakukan pengeboran air di lokasi teraebut,” tutur Devi Yunus kepada redaksi Suaranasional.id, Jum’at pagi (19/20). “Ini baru titik pertama karena ini salah satu camp pengungsian, yang sulit air di atas gunung. Wilayah mereka di Petobo dan Balaroah yang kemarin hilang terkena lumpur. Wilayah sementara belum bisa dipakai dan tidak akan dipakai lagi untuk pemukiman,” ujarnya.

Sebelumnya di kabarkan bahwa air bersih telah menjadi masalah utama hingga saat ini terkait Kondisi yang menimpa korban gempa dan tsunami Palu-Donggala, hal ini di laporkan oleh Devi yang sedang bertugas di lapangan kepada Mayor Satriyadi Prabowo, sebagai Komandan detasemen Zipur 08 Banjarbaru. Satriyadi langsung merespon dan memerintahkan jajaran di bawahnya yang sedang bertugas membantu pemuihan akibat bencana tersebut untuk melakukan survey geology dan pengeboran air hingga ketemu mengingat air merupakan komponen fital ketahanan dan kenyamanan bukan saja bagi para pengungsi namun juga bagi relawan yang turut serta berjibaku membantu pemulihan situasi akibat gempa.

liputan6.com, detik.com, yahoo.com, twitter.com, facebook.com, berita terkini, viral, video terbaru, ratna sarumpaet , politik, 2018, pilpres, jokowi maruf, prabowo sandi