Adjie: Literasi Politik dan Moral Politik PB HMI

Adjie: Literasi Politik dan Moral Politik PB HMI

Adjie Alfaraby. @Istimewa


SUARANASIONAL.ID – Adjie Alfaraby, Peneliti Senior Lembaga Survei Indonesia (LSI), menekankan akan pentingnya political literacy karena hampir semua orang menggunakan media sosial yang dipenuhi informasi yang masih perlu diverifikasi. 

Political literacy, jadi memang penting kita membangun literasi baik digital atau tanpa digital karena banyak beredar dimedia sosial sehingga ini juga kemudian membantu kita menverifikasi berbagai informasi yang beredar di media sosial,” tuturnya dalam Diskusi Publik PB HMI dengan tema: “Hoaks dan Ancaman Terhadap Demokrasi”, Jum’at (16/11).

Lanjut Adjie, dengan political literacy (memahami informasi politik secara baik), framing hoaks dapat dihindari. Ia juga menilai bahwa tidak selamanya informasi di media sosial dan kadangkala informasi itu penting sebagai kritikan.

“Jangan juga kita terjebak pada framing hoaks bahwa semua  tentang hoaks karena kadang kritik itu juga penting ya terhadap siapapun,” tandasnya.

Menurutnya, untuk itu PB HMI (Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam) harus melakukan pack checking atau pembacaan ulang.

“Penting saya sampaikan bahwa PB HMI harus aktif melakukan pack checking untuk kedua kalinya. Jadi sebagai sebuah gerakan yang berbasis keilmuwan, yang namanya independen itu adalah kita melakukan politik secara high politic,” tukasnya.

“Jadi high politics itu adalah politik berdasarkan nilai, tidak berpihak dan salah satu solusi teknis adalah saya mengusulkan, mungkin setelah deklarasi, teman-teman harus melakukan apa yang disebut pack checking terhadap apa yang disampaikan petahana,” imbunya.

Adjie melanjutkan bahwa PB HMI selain menjaga independennya, juga menerapkan politik moral dengan cara pack packing terhadap program petahana dan kemudian menyebarkannya di medsos atau referensi lain.

“Pencapaian-pencapaian (petahana) itu bisa pack checking dan bisa disebarkan melalui media sosial PB HMI atau website atau juga selebaran, atau pack checking apa yang menjadi program dari pemerintah, sehingga disitulah politik moral atau high politic dari PB HMI,” pungkasnya.

Prabowo: Saya Dituduh Tidak Beragama

SUARANASIONAL.ID – Prabowo Subianto, Calon Presiden RI Nomor Urut 02, berani dengan lantang mengungkapkan bahwa...

liputan6.com, detik.com, yahoo.com, twitter.com, facebook.com, berita terkini, viral, video terbaru, ratna sarumpaet , politik, 2018, pilpres, jokowi maruf, prabowo sandi