200 Relawan HIMPSI Bangkitkan Jiwa Kepada 3.000 Siswa SMPN Se-Kota Malang

200 Relawan HIMPSI Bangkitkan Jiwa Kepada 3.000 Siswa SMPN Se-Kota Malang

SUARANASIONAL.ID - Himpunan Psikologi (HIMPSI) Cabang Malang memeringati hari Kesehatan Jiwa Sedunia dengan cara yang inovatif dan edukatif. Bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Malang, HIMPSI menggelar gerakan Psychology Goes to School di 26 SMP Negeri se-Kota Malang bertema Generasi Muda yang Bahagia, Tangguh dan Sehat Jiwa Menghadapi Perubahan Dunia (Young People and Mental Health in A Changing World).

Dengan melibatkan 200 relawan psikologi, terdiri 100 psikolog dan ilmuwan psikologi sebagai narasumber, serta 100 mahasiswa psikologi sebagai pendamping. Mereka mengajar ke kelas-kelas SMPN dari pukul 13.00-15.00 WIB pada Jumat (26/10).

Penggagas gerakan Psychology Goes to School, Nirma Yulidya mengatakan, gerakan psikologi mengajar di SMPN se-Kota Malang ini dilaksanakan serentak pada waktu bersamaan.

“Kami melibatkan 200 relawan untuk mengajar tentang psikologi remaja  di 26 sekolahan. Jadi, ada  sekitar 100 kelas dengan jumlah siswa kurang lebih 3.000,” kata Nirma di Malang.

Dosen Psikologi Universitas Gajayana Malang ini menuturkan, Gerakan Psychology Goes To School bertujuan menggugah para remaja untuk meningkatkan kesehatan jiwa sebagai generasi milenial serta menanggulangi maraknya pergaulan bebas, peredaran dan penggunaan narkoba, kekerasan dan penyalahgunaan teknologi informasi.

“Gerakan ini sebagai pintu awal memperkenalkan dunia psikologi bagi kaum remaja. Tak disangka, gagasan ini ternyata mendapatkan respon baik dari para psikolog yang ingin terlibat dalam gerakan ini. Tak hanya dari kota Malang, melainkan juga datang dari Pasuruan, Surabaya, Kediri dan Blitar,” ujarnya.

Saat menyampaikan materi, para narasumber menggunakan beragam metode. Seperti narasumber Ayu Syamsudin yang mengajar di SMP 5. Ayu menggunakan metode diskusi melingkar. Metode berbeda dilakukan narasumber Ika Herani saat mengajar di SMP 20.  Dia mengajak semua siswa kelas 7 masuk di aula dan dibagi 4 kelompok.

Sementara, Andia Kusuma Damayanti mengajak para siswa SMP 26 membuat pesawat kertas dan diterbangkan bersama-sama. Andia juga menggunakan metode pre test dan post test. Narasumber Ilham Nukman ketika mengajar di SMP 1 menggunakan metode teknik relaksasi dan terapi.

Narasumber Marialisasi yang memiliki hobi menyanyi justru mengajak berjoget siswa-siswa SMP 16 disela-sela penyampaian materi. Dan, narasumber Rahmawati mengajak para siswa SMP 8 untuk duduk selonjoran di lantai bagi siswa cowok, dan siswi cewek tetap duduk di kursi sambil menyimak materi. 

Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Zubaedah mengapresiasi aktivitas literasi yang dilakukan HIMPSI Malang. Bagi Zubaedah, HIMPSI memiliki kepedulian terhadap remaja melalui literasi atau sosialisasi di sekolah-sekolah dalam rangka meningkatkan pelayanan pendidikan. Ia pun berharap HIMPSI Malang membuat gerakan baru dan berkelanjutan bagi dunia pendidikan.

“Kegiatan ini sangat baik, dan seiring dengan program diknas tentang pendidikan karakter menumbuhkembangkan jiwa remaja yang sehat jasmani dan rohani menjadi pemuda cerdas,  tangguh dan produktif. Dinas Pendidikan selalu siap bekerjasama dengan HIMPSI,” tukas Zubaedah. 

liputan6.com, detik.com, yahoo.com, twitter.com, facebook.com, berita terkini, viral, video terbaru, ratna sarumpaet , politik, 2018, pilpres, jokowi maruf, prabowo sandi