12 Duta Budaya Asing Akan Promosikan Kampung Budaya Polowijen di Dunia Internasional

12 Duta Budaya Asing Akan Promosikan Kampung Budaya Polowijen di Dunia Internasional

KBP disambangi para duta budaya dari 12 negara meliputi Thailand, Amerika Serikat, Papua Nugini, Uzbekistan, Afganistan, Vietnam, Kamboja, Mesir, India, Korea Selatan, Ukraina dan Afika Selatan. Ke-12 duta budaya itu datang atas undangan 4 Kementeria


SUARANASIONAL.ID - Siapa yang tak kenal Kampung Budaya Polowijen (KBP)? Ya, KBP yang berlokasi di kelurahan Polowijen, Kec. Blimbing, Kota Malang ini identik dengan Topeng Malangan. Polowijen sendiri adalah daerah kelahiran Mbah Reni. Beliau tokoh penemu Topeng Malangan yang makamnya ada di Polowijen. KBP yang akan berumur 2 tahun pada April 2019 ini, dalam perkembangannya ramai dikunjungi oleh berbagai stakeholders. Mulai perguruan tinggi, pemerintah daerah, komunitas seni budaya, organisasi mahasiswa, dan masih banyak lagi. Mereka berkunjung antara lain untuk studi banding, penelitian, pertukaran budaya, belajar menari, membatik, dan masih banyak lagi.

Akhir pekan lalu, KBP disambangi para duta budaya dari 12 negara meliputi Thailand, Amerika Serikat, Papua Nugini, Uzbekistan, Afganistan, Vietnam, Kamboja, Mesir, India, Korea Selatan, Ukraina dan Afika Selatan. Ke-12 duta budaya itu datang atas undangan 4 Kementerian RI, yakni Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pariwisata, dan Kementerian Hukum dan HAM. Mereka selama di Malang difasilitasi oleh Program Bahasa Indonesia dan Pengajaran Asing Universitas Muhammadiyah Malang.

Kepala Bahasa Indonesia dan Penuturan Asing (BIPA) UMM Dr. Arif Budi Wuriyanto mengatakan, 30 tamu asing dari 12 negara itu akan belajar bahasa dan budaya Jawa dan Indonesia selama satu tahun ke depan, dan mereka bertugas menyebarluaskan Kampung Budaya Polowijen di dunia internasional.

“Mereka akan memotret segala kegiatan seni dan budaya, mulai dari tari-tarian, topeng, batik, permainan tradisional, musik dolanan, tembang mocopat yang ada di KBP. Output kegiatan mereka akan disampaikan ke 4 kementerian yang mengundang mereka,” kata Arif.

Penggagas KBP Ki Demang mengatakan, 12 duta budaya asing tersebut disambut istimewa oleh warga KBP, disuguhi kudapan dan jajan tradisional. Mata 12 duta budaya asing itu dimanjakan dengan berbagai tarian, diantaranya tari Beskalan Putri, tari Topeng Malang dan tari Garuda Nusantara. Di sela acara, semua duta budaya Negara asing itu di kalungi sampur oleh para penari dan diajak menari topeng bersama. Sontak suasana menjadi riuh, ramai dan gembira.

“Siapapun yang berkunjung ke KBP pasti kami ajak menari Topeng, karena ini salah satu strategi memperkenalkan budaya Malang dan bisa menjadi kajian budaya (cultural studies) serta pertukaran budaya Indonesia khususnya Malang raya,” kata Ki Demang.

Anggota DPRD Kota Malang Edi Wijanarko mengatakan, penguatan seni budaya dan pariwisata merupakan visi misi Kota Malang utamanya di bidang pariwisata. Pasalnya, kota Malang merupakan kota wisata. Jadi kegiatan di KBP ini merupakan destinasi wisata budaya.

KBP memang lokasinya di pemukiman, tetapi produk kesenian dan kebudayaan mampu memperkenalkan kepada dunia. Sebelumnya, KBP pernah kedatangan tamu manca negara yang ikut kegiatan Desain thingking Camp 60 mahasiwa asing yang sekaligus datang dari 20 negara,” terangnya. 

Salah satu duta dari Vietnam Nguyen Thanh Truc Dao mengapresiasi pelbagai kegiatan yang digelar oleh KBP. Nguyen mengaku suka dengan kegiatan menari.

"Saya merasa nyaman di KBP,” katanya singkat.

Sementara itu, Duta dari Thailand Suhaine Sa-ah membandingkan antara tari Topeng Malang dengan tari Topeng Ino dari Thailand. Menurutnya, tari Topeng Malang lebih rancak. Duta budaya dari Amerika Serikat Kevin Tatsuya bilang, ia suka dengan budaya Indonesia, masakan tradisional dan lebih suka foto dengan orang-orang Indonesia. Muhamed El Fouly Duta dari Mesir mengaku sangat kagum dengan Indonesia yang mayoritas penduduknya muslim.

“Mereka sangat kuat mempertahankan adat tradisi dan budayanya,” tukasnya. *

Oesman Minta Pemerintah Kurangi Impor

SUARANASIONAL.ID - Pemerintah diharapkan mampu mengurangi volume impor pangan. Selain itu, diapun mendorong pemerintah...

liputan6.com, detik.com, yahoo.com, twitter.com, facebook.com, berita terkini, viral, video terbaru, ratna sarumpaet , politik, 2018, pilpres, jokowi maruf, prabowo sandi